Minum Es saat Hamil Sebabkan Tulang Keropos?

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 09 Feb 2017, 12:50 WIB
Kata orang, minum es saat hamil sebabkan tulang keropos. Apa iya? Simak di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Makan kurang nikmat jika tidak dibarengi dengan minum es. Namun mereka yang sedang hamil tidak bisa melakukannya. Karena kata orang, minum es saat hamil sebabkan tulang keropos. Apa kata medis?

Saat hamil, seorang wanita harus menyangga beban tubuh yang lebih berat dibandingkan sebelum hamil. Oleh karena itu, menjaga kepadatan tulang saat hamil menjadi hal yang penting, agar bobot yang berlipat dapat tertopang dengan baik.

Sayangnya, wanita hamil merupakan salah satu golongan orang yang rentan kekurangan kalsium, sehingga kepadatan tulangnya terancam. Alasannya, pertumbuhan tulang bayi banyak membutuhkan kalsium.

Kalsium didapatkan bayi dari apa yang dikonsumsi ibu. Bila asupannya kurang, bayi akan mengambil cadangan kalsium dari tulang ibu. Ini tentu dapat menurunkan kepadatan tulang sang ibu.

Hebatnya, tubuh wanita seakan telah dipersiapkan untuk kejadian ini. Sebab untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama hamil, tubuh wanita memproduksi lebih banyak hormon estrogen–yang menjaga tulang tetap padat dan kokoh.

Di samping itu, penyerapan kalsium dari makanan maupun suplemen pada ibu hamil juga menjadi lebih baik. Perubahan ini khususnya terjadi di trimester tiga, di mana pertumbuhan tulang bayi berlangsung dengan cepat.

Oleh karena itu, asupan kalsium wanita yang sedang hamil harus terpenuhi. Menghindari kebiasaan yang dapat menyebabkan tulang keropos juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang bagi wanita hamil, sehingga bayi dalam kandungan juga terjaga dengan baik.

Sehubungan dengan minum es saat hamil, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan hubungannya dengan tulang keropos. Beberapa minuman yang memang terbukti dapat merugikan kesehatan tulang dan menyebabkan keropos adalah alkohol dan kopi dalam jumlah berlebihan.

Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin minum es saat hamil. Tapi jangan lupa, pastikan kebutuhan nutrisi harian terjaga dengan baik. Berolahragalah secara rutin dan teratur, serta hindari makanan/ minuman yang tidak dianjurkan selama hamil, ya!

(NB/ RH)