Mau Bebas Gangguan Darah? Makan Ini

Oleh dr. Dina Kusumawardhani pada 13 Feb 2017, 11:37 WIB
Ada cara mudah untuk mengatasi gangguan darah seperti anemia. Salah satunya dengan makan telur asin. Penasaran?
Mau Bebas Gangguan Darah? Makan Ini

Klikdokter.com, Jakarta Orang Indonesia mana yang tidak kenal dengan telur asin. Ya, telur yang khas dengan warna biru cerah ini ternyata menyimpan sejuta manfaat. Salah satunya adalah mengatasi anemia! Mengejutkan, bukan?

Telur asin merupakan produk hewani, yang umumnya berasal dari telur bebek. Pada prosesnya, telur asin membutuhkan abu dan kapur, dimana hasil dari olahan fermentasi tersebut menghasilkan telur yang bertahan lebih lama dari telur pada umumnya.

Di sisi lain, anemia atau kurang darah merupakan kondisi kadar hemogblogin kurang dari nilai normal. Meski bervariasi, namun jenis anemia yang paling sering terjadi adalah anemia akibat kekurangan (defisiensi) zat besi.

Saat seseorang menderita anemia defisiensi besi, maka dirinya wajib mengonsumsi asupan yang kaya akan zat besi. Nah, di antara semua jenis asupan kaya zat besi, telur asin menjadi salah satunya.

Tak hanya sampai di situ, penelitian juga membuktikan bahwa telur asin memiliki efek meredakan peradangan. Di mana peradangan itu sendiri adalah akibat dari anemia yang dapat menurunnya daya tahan tubuh penderitanya.

Secara singkat, inilah manfaat lain telur asin untuk penderita anemia:

  1. Tinggi protein. Protein bermanfaat dalam menunjang kebugaran tubuh, khususnya otot.
  2. Mengandung antioksidan, yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.
  3. Kaya mineral. Ini dapat memperkecil risiko terjadinya penyumbatan dan kekakuan pembuluh darah.
  4. Mengandung fosfor dan kalsium, yang bagus untuk tulang.
  5. Kaya kandungan vitamin C dan vitamin B12. Vitamin ini berguna untuk membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Di balik kandungan di atas, telur asin juga mengandung natrium atau garam, yang dapat meningkatkan risiko penyakit tekanan darah tinggi. Telur ini juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi telur asin secara berlebihan dan terus-menerus. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi daging, kacang-kacangan ataupun buah-buahan, yang juga tinggi zat besi.

Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai anjuran konsumsi telur asin. Dokter biasanya dapat menentukan variasi menu dan juga anjuran pola makan sehat untuk membantu mengatasi anemia yang ada di dalam diri Anda.

(NB/RH)