Waspada, Sering Sendawa Bisa Jadi Pertanda Sakit Mag!

Oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons pada 13 Feb 2017, 12:31 WIB
Anda yang sering sendawa? Hati-hati, sendawa terus- menerus dan perut kembung merupakan pertanda gejala sakit mag. Simak disini.
Waspada, Sering Sendawa Bisa Jadi Pertanda Sakit Mag!

Klikdokter.com, Jakarta Sendawa adalah refleks tubuh normal yang dapat dialami oleh semua orang. Hal ini terjadi karena adanya gas yang terdapat di saluran pencernaan. Anda mungkin merasakannya seperti perut yang terasa kembung.

Sering sendawa merupakan salah satu pertanda sakit mag. Sakit mag atau istilah kedokterannya disebut dengan gastritis adalah peradangan pada lambung. Kondisi ini biasanya disebabkan karena meningkatnya produksi asam lambung.

Sendawa memang merupakan salah satu pertanda sakit mag. Namun ada hal- hal tertentu yang biasanya menjadi pemicunya. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan tingginya freksuesi sendawa:

Makanan dan minuman

Beberapa jenis makanan dan minuman mengandung banyak gas dapat menjadi penyebab Anda sering bersendawa. Contohnya: kacang-kacangan, brokoli, bawang, kubis, kol, roti gandum, pisang, kismis dan minuman bersoda.

Aerophagia

Aerophagia adalah istilah medis menelan udara secara sadar maupun tidak. Cara makan dan minum dapat menyebabkan aerophagia yang berujung pada sendawa berlebihan. Contohnya: makan sambil berbicara, makan permen karet serta minum dengan sedotan.

Obat-obatan

Beberapa jenis obat dibawah ini dapat menyebabkan sendawa atau penyakit yang menyebabkan sendawa. Misalnya obat anti diabetes yaitu acarbose, laksatif atau pencahar seperti laktulosa dan sorbitol, obat anti nyeri seperti aspirin dan ibuprofen.

Sendawa memang hal yang normal. Namun frekuensi yang terlalu sering patut dicurigai. Biasanya, ada penyakit di balik gejala tersebut –seperti sakit mag atau penyakit lambung lainnya. Pemakaian obat antinyeri yang berlebihan juga dapat menyebabkan sakit mag dan membuat seseorang sering bersendawa.


(DA/ RH)