Tip Aman Minum Kopi Tanpa Takut Sakit Mag!

Oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons pada 13 Feb 2017, 12:42 WIB
Penderita penyakit mag juga bisa minum kopi tanpa rasa khawatir. Penasaran? Simak ulasannya disini.
Tip Aman Minum Kopi Tanpa Takut Sakit Mag!

Klikdokter.com, Jakarta Kopi bukan hanya cocok dinikmati di pagi hari. Saat ini, minum kopi bahkan sudah menjadi aktivitas yang bisa dinikmati kapan saja. Baik saat hangout bersama teman maupun dalam pertemuan bisnis dengan rekan kerja.

Sayangnya, minuman ini dianggap ‘tabu’ bagi penderita sakit mag. Hal yang sering dijadikan alasan adalah kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Kafein juga membuat sfingter esophagus bagian bawah menjadi rileks. Sfingter esophagus itu sendiri merupakan jaringan otot berbentuk seperti cincin yang seharusnya bekerja sebagai katup agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

Saat ini banyak informasi yang menyarankan penderita nyeri lambung untuk mengonsumsi kopi non-kafein agar terhindar dari nyeri lambung. Padahal, kafein bukanlah masalah yang menyebabkan perut Anda perih. Justru, jenis kopi itu sendiri yang menentukan efeknya terhadap lambung Anda.

Berikut tip untuk menikmati kopi tanpa membuat lambung perih:

Jangan minum kopi saat perut kosong

Makanlah dahulu sebelum minum kopi! Anda tidak perlu makan sampai kenyang. Cukup sepotong roti saja sudah cukup untuk membuat Anda terhindar dari perut perih akibat kopi.

Batasi jumlahnya

Menurut para ahli, jumlah kafein yang cukup tidak akan memberikan efek negatif pada tubuh Anda. Sekitar 100- 200 mg kafein atau 1- 2 gelas kopi dalam sehari adalah jumlah yang pas.

Meski demikian, toleransi masing-masing individu terhadap kafein berbeda- beda. Tapi ingat, kafein diatas 600 mg (4- 7gelas kopi) dalam sehari sudah dianggap berlebihan dan berbahaya bagi tubuh Anda.

Tingkat keasaman yang rendah

Kandungan asam dari kopi dipengaruhi oleh kematangan biji kopi saat dipetik dan lama biji kopi itu dipanggang. Semakin lama biji kopi itu dimasak, semakin rendah kandungan asamnya.

Saat ini ada banyak pilihan kopi dengan kandungan zat asam yang rendah. Contohnya: kopi Sumatera.

Jika penderita mag ingin mengonsumsi kopi sebaiknya memilih jenis kopi arabika. Pasalnya, kopi arabika aman untuk penderita mag. Meski demikian, Anda tetap harus mempertimbangkan cara mengonsumsinya dengan wajar dan tidak melebihi 3 gelas per hari.

(DA/ RH)