Kenapa Penderita Mag Tak Boleh Makan Buah Nangka?

Oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons pada 13 Feb 2017, 12:45 WIB
Anda penderita mag? Jangan sekali-kali makan buah nangka kalau tidak ingin menanggung risiko yang fatal! Simak disini.
Kenapa Penderita Mag Tak Boleh Makan Buah Nangka?

Klikdokter.com, Jakarta Buah nangka. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Sayangnya, tidak semua orang dapat mengonsumsi buah tersebut. Para penderita sakit mag adalah orang yang ‘dilarang’ mengonsumsinya.

Mag atau gastritis adalah penyakit radang pada lambung. Gejala mag seperti nyeri perut bagian kiri atas, mual, muntah, dan perut kembung. Penyebab mag bermacam-macam, seperti beberapa jenis minuman dan makanan. Salah satunya adalah buah nangka.

Buah yang satu ini kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Buah nangka mengandung vitamin C dan A yang baik untuk kekebalan tubuh dan kesehatan mata. Buah ini juga mengandung magnesium dan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang dan sel darah.

Buah ini juga dapat dimanfaatkan dengan berbagai macam. Buah nangka yang sudah matang memiliki rasa yang manis. Buah ini juga sering terdapat pada es campur atau es teler. Buah nangka yang muda sering dimasak sebagai sayur.

Nangka termasuk buah yang tinggi akan kandungan serat. Penderita mag sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berserat tinggi dikarenakan dapat membuat lambung bekerja ekstra. Hal ini juga dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Buah nangka memiliki pH atau tingkat keasaman 5,8. Walaupun tidak terlalu asam, buah nangka masih tergolong asam sehingga dapat merangsang produksi asam lambung yang lebih banyak dan membuat perut penderita mag perih dan nyeri.

Selain itu, buah nangka juga dapat meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna. Sehingga perut Anda akan terasa kembung. Oleh karena itu, sebaiknya penderita mag jangan mengonsumi buah nangka.

Jika Anda menderita sakit mag, sebaiknya hindari makan buah nangka meski dalam kadar yang rendah. Apabila Anda tetap bersikeras, maka jangan kaget jika sakit mag Anda dapat bertambah parah!

(DA/ RH)