Pentingnya Meremajakan Kulit di Sekitar Leher

Oleh dr. Melyawati Hermawan Sp.KK pada 15 Jun 2016, 16:27 WIB
Kulit di sekitar leher sering kali luput dari perhatian kita. Padahal, selain kulit wajah, kulit leher juga penting untuk diperhatikan kondisinya. Berikut ulasan dari dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK
Pentingnya Meremajakan Kulit di Sekitar Leher

Setiap hari kita rajin membersihkan kulit wajah dan tak lupa pula mengoleskan krim perawatan. Namun, bagaimana dengan kulit leher? Kapan terakhir kali Anda memperhatikan kondisi kulit leher Anda?

Ternyata leher tidak mendapat perhatian sebanyak wajah, padahal kulit leher juga mengalami penuaan seperti kulit wajah.

Sebenarnya, selain faktor fisiologis usia, banyak faktor lain yang menyebabkan terjadinya penuaan. Contohnya, paparan sinar matahari yang tidak hanya mengenai kulit wajah, namun juga mengenai kulit area leher, sehingga komponen kulit tersebut menjadi rusak dan menua.

Selain itu, efek gravitasi yang cenderung menarik kulit ke arah bawah membuat kulit leher mudah berkerut dan menggantung. Sebab, kulit di area leher berbeda dengan kulit wajah yang menempel pada tulang di bawahnya.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk merawat kulit leher agar tidak cepat menua?

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit leher agar tidak cepat menua, antara lain:

  • Pilih produk perawatan kulit yang tepat

Biasanya, produk perawatan yang dipakai di kulit wajah juga dapat digunakan untuk leher. Namun perlu diperhatikan, kulit area leher lebih tipis dan sensitif daripada kulit wajah, jadi sebaiknya gunakanlah produk perawatan yang lembut. Hati-hati terhadap kandungan tertentu seperti retinol atau alpha hydroxy acid yang dapat menimbulkan iritasi dan rasa seperti tertusuk-tusuk.

  • Bersihkan kulit leher

Pada saat mandi biasanya leher hanya mendapatkan sedikit perhatian dibandingkan wajah. Terkadang, perhatian yang sedikit terhadap leher ini tidaklah cukup. Pasalnya, kulit leher merupakan kulit mudah menjadi gelap ataupun berdaki. Pembersih wajah yang mengandung asam glikolat konsentrasi rendah dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di leher sehingga kulit terlihat lebih cerah dan produk perawatan akan meresap dengan lebih baik.

  • Gunakan pelembap secara teratur

Jumlah kelenjar penghasil minyak di kulit area leher lebih sedikit dari kulit wajah. Karenanya, kulit leher rentan terhadap kering dan iritasi. Pemakaian pelembap di area ini akan sangat membantu menjaga hidrasi kulit leher sehingga kulit lebih kenyal, tidak mudah keriput dan bergelambir. Aplikasikan krim di leher dengan sedikit pijat ringan ke arah atas untuk meningkatkan sirkulasi di area tersebut agar hasilnya lebih maksimal.

  • Selalu gunakan tabir surya hingga ke leher

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan menua. Kulit area leher pun tidak luput dari hal ini, bahkan cenderung lebih cepat dibandingkan dengan kulit wajah. Penggunaan tabir surya saat pagi dan siang hari diperlukan untuk menghindari efek negatif sinar matahari pada kulit leher. Semakin sering terpapar sinar matahari, kulit akan mudah mengalami pigmentasi yang tidak merata, munculnya garis keriput, hingga meningkatnya risiko kanker kulit. Oleh karena itu, biasakan untuk menggunakan tabir surya tidak hanya di area wajah saja, tetapi hingga area leher juga, terutama bagi Anda yang terbiasa menggunakan pakaian berkerah rendah.

  • Batasi penggunaan gadget

Kita banyak menggunakan berbagai perangkat teknologi untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Salah satu yang sering kita pakai adalah telepon seluler dan komputer. Posisi leher yang menunduk saat memandang ke layar telepon atau computer, lama-kelamaan akan menyebabkan kulit kendur, menggantung, dan timbulnya garis kerutan. Untuk itu, perbaiki postur tubuh Anda dengan cara membiasakan diri untuk duduk dalam posisi tegak sehingga posisi leher juga tegak, dan tidur menggunakan bantal yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, berolahragalah secara rutin dan teratur.

Bila kulit leher masih menjadi masalah, Anda dapat datang ke klinik spesialis kulit untuk mendapatkan pilihan prosedur yang masih mungkin dilakukan untuk mengatasi keluhan yang muncul.