Mencegah Diare dengan Mencuci Tangan

Oleh Klikdokter pada 03 Feb 2017, 10:58 WIB
Tahukah Anda bahwa perilaku sesederhana mencuci tangan dapat menyelamatkan anak dari berbagai penyakit, termasuk diare?

KlikDokter.com - Tahukah Anda bahwa perilaku sesederhana mencuci tangan dapat menyelamatkan anak dari berbagai penyakit, termasuk diare?

Menurut data dari UNICEF Commiting to Child Survivor: A Promise Renewed Progress Report 2013, angka kematian balita di Indonesia mencapai angka 152.000 pada tahun 2012. Lebih dari dua per tiga kematian anak di bawah lima tahun disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan tindakan yang mudah dan relatif murah seperti kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Diare dan infeksi saluran pernapasan akut merupakan beberapa penyebab kematian utama anak balita.

Salah satu penyebab tingginya angka kematian karena diare adalah sulitnya akses air bersih dan kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan, termasuk mencuci tangan yang baik dan benar.

1 of 2

Cuci Tangan, Jangan Disepelekan!

Dokter spesialis anak, dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A mengatakan, “CTPS dengan air mengalir terbukti dapat menurunkan risiko diare hingga 50% dan ISPA hingga 45%, sehingga penting sekali menanamkan pengetahuan dan kebiasaan CTPS.”

Ia juga menjelaskan bahwa penerapan CTPS dalam keluarga bisa membantu mengurangi tingkat penularan penyakit terutama pada anak-anak di bawah lima tahun yang daya tahan tubuhnya masih lemah.

Jadi, yuk mari biasakan anak-anak untuk CTPS sebelum makan, saat mandi, dan setelah dari toilet. Tangan bersih, kesehatan pun terjamin!

Lanjutkan Membaca ↓