6 Makanan Penyebab Anak Diare

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 03 Feb 2017, 10:58 WIB
Diare pada anak dapat dicegah dengan mencermati makanan dan minuman yang dimakan anak. Berikut penjelasan dr. Dyah Novita Anggraini mengenai beberapa makanan pencetus diare.
6 Makanan Penyebab Anak Diare

KlikDokter.com - Salah satu masalah yang mengincar tubuh anak adalah diare. Banyak faktor yang menyebabkan Si Kecil mengalaminya. Pertama, faktor lingkungan yang kurang bersih. Kedua, faktor penyediaan air bersih yang belum memadai. Ketiga, infeksi yang disebabkan virus, bakteri, atau parasit lainnya.Keempat, anak keracunan bahan makanan atau alergi terhadap zat dalam makanan.

Gejala yang menyertai diare dapat berupa mual dan muntah, yang disebabkan oleh infeksi.Infeksi bakteri atau parasit biasanya menyebabkan buang air besar yang berdarah dan juga terjadi demam.

Untuk mencegahnya, Anda perlu mengetahui makanan-makanan apa saja yang dapat membuat anak diare. Apa saja? Berikut penjelasannya:

1 of 2

Pencegahan Diare Pada Anak

Untuk mencegahnya, Anda perlu mengetahui makanan-makanan apa saja yang dapat membuat anak diare. Apa saja?

  1. Makanan yang digoreng. Rendahnya kadar serat dan tingginya kadar lemak membuat makanan yang digoreng sulit untuk dicerna.
  2. Produk susu, seperti susu dan mentega.
  3. Bagi beberapa anak, buah jeruk yang kaya akan serat dapat menyebabkan sakit perut bahkan diare. Makan jeruk yang terlalu banyak juga akan memicu diare, karena buah tersebut mengandung kadar asam yang tinggi.
  4. Mengunyah terlalu banyak permen karet bebas gula yang mengandung sorbitol.
  5. Kacang-kacangan mengandung gula yang sulit dicerna sehingga dapat menyebabkan kram. Mengapa demikian? Tubuh manusia tidak memiliki enzim untuk memecah zat gula tersebut. Solusinya, rendamlah kacang kering di dalam air selama empat jam.
  6. Kubis, brokoli, dan sayuran lainnya. Kandungan serat yang tinggi membuat mereka sulit untuk dicerna jika dimakan secara berlebihan.

Selain makanan, kebersihan anak juga perlu diperhatikan.Biasakan anak untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.Karena mencuci tangan dengan benar dapat mencegah infeksi kuman sehingga mengurangi risiko infeksi pada usus dan diare.

Lanjutkan Membaca ↓