Benarkah Air Dingin dan Es Batu Bisa Kecilkan Pori-Pori?

Oleh dr. Nadia Octavia pada 24 Feb 2017, 22:43 WIB
Sebagian orang percaya, air dingin dan es batu bisa bantu kecilkan pori-pori. Apa kata medis? Simak di sini.
Benarkah Air Dingin dan Es Batu Bisa Kecilkan Pori-Pori?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian orang, memiliki pori-pori besar terasa sangat mengganggu. Untuk membuatnya lebih kecil, tak sedikit yang menggunakan bantuan air dingin dan es batu. Namun, efektifkah cara tersebut?

Perlu diketahui, pori-pori adalah bintik-bintik kecil yang ada di permukaan kulit. Bintik-bintik tersebut terbentuk akibat pembukaan folikel rambut.
Tiap pori-pori memiliki kelenjar sebasea yang menghasilkan minyak. Pori-pori biasanya lebih terlihat pada area dahi dan hidung, di mana kelenjar sebasea berukuran lebih besar.

Ukuran pori-pori pada setiap orang sangat bervariasi. Ini disebabkan karena faktor genetik, jenis, dan tipe kulit.

Orang berkulit putih (kaukasian) cenderung memiliki pori-pori yang lebih kecil dibandingkan orang berkulit gelap. Anda yang berkulit kering juga cenderung memiliki pori-pori yang lebih kecil dibandingkan mereka yang memiliki kulit berminyak.

Tak hanya itu, sel kulit mati, kotoran ataupun minyak yang terjebak dan menyebabkan jerawat juga dapat membuat pori-pori lebih besar. Paparan sinar matahari terlalu berlebihan, serta kebiasaan memencet jerawat yang salah juga demikian.

Jika selama ini Anda berpikiran bahwa mencuci wajah dengan air dingin dan mengoleskan es batu dapat bantu kecilkan pori-pori, sebaiknya buang jauh-jauh pikiran tersebut. Sebab air dingin dan es batu tidak bisa mengecilkan pori-pori.

Air dingin atau es batu hanya berfungsi untuk mengembalikan pori-pori ke ukuran semula. Bukan membuatnya lebih kecil dari ukuran semula. Jika Anda benar-benar ingin mengecilkan pori-pori, tindakan yang harus dilakukan adalah terapi laser.

Meski demikian, sebaiknya jangan berkecil hati terlebih dahulu. Anda tentu bisa menyiasati agar pori-pori tidak lebih besar dari ukuran semula.
Salah satu caranya adalah dengan melakukan tindakan pengelupasan (eksfoliasi) secara rutin. Ini bermanfaat mengangkat sel kulit mati –yang menyebabkan pori-pori Anda semakin lebar dan besar.

Di samping itu, Anda pun bisa menggunakan krim yang mengandung retinol atau alpha hydroxy acid untuk mempercepat pergantian sel kulit baru. Namun sebelum melakukan tindakan tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis kulit.

Semoga penjelasan di atas bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait air dingin dan es batu untuk bantu mengecilkan pori-pori.
Salam sehat!

(NB/RH)