Terapi Musik Dapat Redakan Nyeri Perut?

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc pada 01 Mar 2017, 13:39 WIB
Terapi musik selain baik untuk perkembangan janin saat masa kehamilan, juga dapat meredakan nyeri perut.
Terapi Musik Dapat Redakan Nyeri Perut?

Klikdokter.com, Jakarta Terapi musik (music therapy) sangat efektif dalam penanganan berbagai kondisi tertentu. Mulai dari gejala penyakit fisik hingga gangguan jiwa. Bahkan, terapi ini juga baik untuk penyakit kanker dan nyeri perut.

Jika dilakukan secara rutin, terapi musik juga dapat membantu membangkitkan mood seseorang. Tak berhenti sampai di situ, terapi yang menyenangkan ini juga bisa membangun rasa percaya diri dan mengembangkan kreatifitas.

Secara klinis, terapi musik dapat meredakan rasa nyeri berupa nyeri kepala, nyeri punggung, nyeri akibat luka, dan bahkan nyeri perut. Mengapa alunan musik dapat meredakan rasa nyeri?

Para pakar berpendapat bahwa alunan musik santai memicu pengeluaran hormon tertentu dalam tubuh. Hasilnya tumbuh menjadi santai sekaligus membuat perhatian Anda teralih dari rasa nyeri.

Akan tetapi, terapi musik umumnya hanya bersifat sementara dalam meredakan rasa nyeri di perut. Selain itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai peranan terapi musik dalam meredakan nyeri perut.

Meski terapi musik baik untu mengatasi nyeri perut untuk sementara, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi pada dokter. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan pengobatan yang tepat.

(DA/ RH)