3 Hal yang Pasti Dialami Oleh Penderita Gigi Sensitif

Oleh drg. Callista Argentina pada 07 Mar 2017, 14:59 WIB
Anda penderita gigi sensitif? Cepat atau lambat, inilah 3 hal yang pasti Anda alami!
3 Hal yang Pasti Dialami Oleh Penderita Gigi Sensitif

Klikdokter.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa cara menyikat gigi yang salah dapat berujung pada turunnya gusi? Akibatnya apalagi kalau bukan gigi sensitif.
Tidak dimungkiri, gigi sensitif adalah keluhan yang umum terjadi. Meski begitu, tidak semua penderitanya tahu hal apa saja yang mungkin terjadi di balik kondisi ini.

Nah, ini dia 3 hal yang dimaksud:

  1. Gigi ngilu saat mengonsumsi makanan panas atau dingin

    Salah satu kejadian yang kerap dirasakan oleh penderita gigi sensitif adalah ngilu tajam saat mengonsumsi makanan panas atau dingin. Sebab pada kondisi gigi sensitif, penurunan gusi yang terjadi menyebabkan terbukanya akar gigi. Inilah yang membuat Anda sangat sensitif dan merasa ngilu terhadap rangsangan panas atau dingin.

  2. Gigi ngilu ketika makan makanan manis

    Bagi penderita gigi sensitif, makanan manis –seperti dodol, kurma, kismis, dan sejenisnya– bisa menyebabkan ngilu mendadak. Hal ini diduga akibat perbedaan konsistensi cairan di dalam dan luar pori-pori dentin, yang pada akhirnya menyebabkan perubahan tekanan pada gigi (osmotic).

  3. Gigi ngilu akibat terpapar udara

    Pemilik gigi sensitif biasanya akan menutup mulut rapat- rapat ketika ada hembusan angin di sekitarnya. Pasalnya, saat angin mengenai gigi yang sensitif, maka rasa ngilu yang tidak tertahankan akan terjadi. Para penderita gigi sensitif biasanya juga merasa ngilu berlebihan saat melakukan pembersihan karang gigi di dokter gigi.

Tidak ingin menderita karena gigi sensitif? Segera perbaiki perawatan rongga mulut yang Anda lakukan sehari- hari. Mulailah dengan mengganti sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut, menerapkan metode menyikat gigi yang baik dan benar, menggunakan pasta gigi khusus, serta rutin kontrol ke dokter gigi.

(NB/ RH)