Alternatif Pengganti Obat Untuk Membantu Mengurangi Nyeri Sendi

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 14 Mar 2017, 11:45 WIB
Anda bosan mengonsumsi obat untuk mengatasi nyeri sendi? Selain obat, ada alternatif lain yang bisa membantu mengurangi nyeri sendi.
Alternatif Pengganti Obat Untuk Membantu Mengurangi Nyeri Sendi

Klikdokter.com, Jakarta Terkadang nyeri sendi dapat menjadi alasan jitu bagi seseorang untuk malas berolahraga. Banyak yang khawatir olahraga malah dapat memperburuk kondisi nyeri sendinya. Padahal olahraga teratur dapat memberikan manfaat pada sendi yang kerap megalami nyeri serta tubuh secara keseluruhan.

Meski terdengar tidak masuk akal, ternyata berbagai bukti kedokteran yang sahih menyebutkan bahwa olahraga merupakan salah satu cara untuk membantu mengurangi nyeri sendi kronik. Misalnya akibat penyakit pengapuran sendi, asam urat, ataupun penyakit rheumatoid arthritis (rematik). Tentunya olahraga disini tidak dilakukan saat nyeri sendi hebat sedang menyerang.

Berikut jenis olahraga yang tepat bagi penderita nyeri sendi:

  1. Penguatan otot

    Olahraga penguatan otot dapat berfungsi untuk menguatkan otot-otot disekitar sendi yang mengalami kelemahan sehingga jika dilakukan dengan rutin dapat membantu mengurangi kekambuhan nyeri sendi. Anda dapat melakukan olahraga penguatan otot dengan cara mengangkat beban atau menggunakan tubuh sendiri sebagai beban. Namun demikian, perlu diingat bahwa target beban disini bukan untuk membentuk otot melainkan lebih kepada penguatan otot saja.

  2. Aerobik

    Olahraga aerobik seperti senam, berlari kecil, bersepeda, atau berenang dapat membantu menjaga kondisi jantung dan paru tetap baik. Selain itu, olahraga aerobik juga dapat membantu mengurangi kekakuan pada sendi dan terbukti mengurangi kekambuhan nyeri sendi sehingga merupakan salah satu jenis olahraga yang baik bagi penderita nyeri sendi.

  3. Latihan keseimbangan postural

    Latihan ini penting, mengingat para penderita nyeri sendi kerap terjatuh saat beraktivitas akibat nyeri dan kekakuan pada sendi. Latihan keseimbangan postural terdiri dari keseimbangan statis dan dinamis. Latihan ini dapat diperoleh melalui olahraga seperti yoga dan freelactic.

Jangan sepelekan olahraga sebagai bagian dari terapi nyeri sendi Anda. Sebab olahraga merupakan salah satu cara untuk membantu mengurangi nyeri sendi. Dengan berolahraga, nyeri sendi berkurang, tubuh Anda pun tetap bugar.

(DA/ RH)