4 Cara untuk Bantu Redakan Nyeri Sendi Tanpa Obat

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 14 Mar 2017, 12:46 WIB
Selain obat, ternyata ada cara lain untuk membantu mengurangi nyeri sendi. Simak penjelasan selengkapnya di sini.
4 Cara Untuk Bantu Redakan Nyeri Sendi Tanpa Obat

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri sendi membuat Pak Teja serba salah. Bergerak terlalu banyak membuatnya nyeri sendinya kian menjadi-jadi. Belum lagi rasa kaku yang kerap dialami setelah bangun pagi atau setelah beristirahat dalam jangka waktu lama. Kondisi seperti itu kerap membuatnya kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Anda mengalami hal yang sama dengan Pak Teja? Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut empat cara yang patut Anda coba:

  1. Kompres

    Saat nyeri dan kaku pada sendi menyerang, Anda bisa menggunakan kompres pada sendi yang mengalami nyeri. Pilihlah kompres hangat jika Anda mengalami nyeri sendi akibat pengapuran sendi (tanpa gejala peradangan).

    Namun jika mengalami nyeri sendi akibat proses peradangan –seperti pada rheumatoid arthritis (penyakit arthritis), sebaiknya gunakan kompres dingin. Kompres dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan kaku sehingga Anda dapat lebih leluasa bergerak.

  2. Pijat Selain kompres,

    pijat merupakan alternatif lainnya yang terbukti dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan kaku pada sendi. Anda dapat memijat sendiri (self massage) atau meminta bantuan orang lain untuk memijat daerah sendi Anda yang nyeri. Pijat dapat membantu mengurangi nyeri sendi dengan merenggangkan otot-otot dan jaringan ikat yang mengalami kekakuan di sekitar sendi.

  3. Relaksasi dan perenggangan

    Relaksasi dan perenggangan merupakan cara untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan kekakuan sendi.

    Salah satunya adalah dengan melakukan senam yoga. Namun demikian, saat nyeri sendi Anda sedang kambuh, lakukan perenggangan secara bertahap agar nyeri tidak semakin memberat.

  4. Istirahat Saat nyeri sendi sedang kambuh,

    jangan paksakan diri Anda untuk melakukan aktivitas berat. Beristirahatlah sejenak hingga nyeri sendi Anda berkurang. Namun demikian, tetaplah berolahraga rutin –terutama olahraga aerobik saat sedang tidak mengalami nyeri sendi. Hal ini terbukti dapat membantu mengurangi kekambuhan nyeri sendi.

Empat cara di atas dapat Anda coba di rumah saat nyeri dan kaku sendi menyerang tanpa mengonsumsi obat-obatan. Apabila rasa nyeri tidak berkurang, barulah gunakan obat pereda nyeri. Anda bisa menggunakan obat yang dioleskan pada bagian yang sakit maupun obat yang diminum. Jika nyeri sendi tak kunjung hilang, segera konsultasi ke dokter.

(DA/ RH)