Bantu Kurangi Nyeri Sendi dengan Menurunkan Berat Badan

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 14 Mar 2017, 14:00 WIB
Tahukah Anda, menurunkan berat badan dapat membantu meringankan nyeri sendi pada lutut? Simak ulasan berikut ini.
Bantu Kurangi Nyeri Sendi dengan Menurunkan Berat Badan

Klikdokter.com, Jakarta Saat berobat ke dokter dengan keluhan nyeri pada lutut Nindy disarankan untuk menurunkan berat badannya yang berlebihan. Awalnya, wanita kelahiran 57 tahun silam ini menganggap semua itu tidaklah penting. Alasannya, karena ia sudah mengantisipasinya dengan mengonsumsi obat penghilang nyeri.

Setelah berjalan satu tahun, nyeri di lututnya yang ia rasakan kian parah. Sampai akhirnya ia memutuskan untuk mencoba saran dokter. Terbukti, nyeri lutut yang ia rasakan kini semakin berkurang.

Berat badan berlebih –seperti yang dialami Nindy, merupakan salah satu faktor yang dapat memicu berbagai masalah pada persendian, terutama pengapuran sendi (osteoarthritis). Mengapa demikian?

Osteoartritis terjadi akibat trauma yang terjadi dalam jangka waktu yang lama. Berat badan berlebih dapat menyebabkan trauma mekanik (gesekan) pada sendi-sendi penyokong berat badan tubuh –seperti tulang belakang, panggul, dan lutut.

Semakin gemuk seseorang, maka beban yang diterima oleh sendi-sendi penyokong tubuh tersebut semakin berat. Akibatnya bisa terjadi cedera ringan pada persendian. Bila didiamkan dalam jangka waktu yang lama, hal ini akan menyebabkan pengapuran sendi dan menyebabkan rasa nyeri.

Berdasarkan data penelitian di Amerika Serikat, wanita yang mengalami penurunan berat badan sekitar 5.1 kg dapat mengurangi risiko berkembangnya gejala penyakit pengapuran sendi pada lutut selama 10 tahun dibandingkan dengan wanita yang tidak mengalami penurunan berat badan.

Oleh karena itu, menurunkan berat badan merupakan salah satu cara untuk membantu mengurangi nyeri sendi pada orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan. Itulah mengapa dokter kerap menyarankan penurunan berat badan untuk mengurangi rasa sakit pada penderita nyeri sendi, seperti Nindy dalam kisah di atas.

Dari pemaparan fakta-fakta tersebut, ternyata manfaat menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi nyeri sendi. Oleh sebab itu, kini Anda tidak perlu ragu jika dokter menyarankan Anda untuk menurunkan berat badan agar membantu kurangi nyeri sendi!

(DA/ RH)