Benda-benda yang Menjadi Sarang Kuman di Rumah

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 22 Mar 2017, 14:55 WIB
Benda yang terlihat bersih belum tentu bebas kuman. Apa saja benda-benda yang sebenarnya mengandung banyak kuman di rumah Anda?
Benda-benda yang Menjadi Sarang Kuman di Rumah

Klikdokter.com, Jakarta Rumah bisa menjadi sarang kuman. Sebuah penelitian yang dilakukan di 20 rumah di delapan negara dari berbagai benua berbeda telah membuktikannya.

Penelitian yang dilakukan di Afrika, Asia, Eropa, Australia dan Amerika tersebut membandingkan jumlah kuman di beberapa benda di rumah. Lantas bagaimana hasilnya?

Ternyata, lap dapur adalah benda yang mengandung banyak kuman. Sebanyak 86 persen lap dapur yang diperiksa memiliki kadar pertumbuhan bakteri sedang dan berat. Fakta yang cukup mengejutkan, mengingat fungsinya adalah untuk membersihkan area dapur.

Benda kedua yang mengandung kuman paling banyak adalah keran air di dapur. Sekitar 52 persen keran air di area yang sering digunakan untuk memasak ini, memiliki kadar pertumbuhan bakteri sedang dan berat.

Area dapur memang memerlukan perhatian khusus. Selain karena dua benda yang paling banyak mengandung kuman tadi, ingat juga fungsi area ini sebagai tempat pengolahan makanan. Anda tidak mau kan memasak makanan untuk keluaga di area yang berkuman?

Selain benda- benda di dapur, masih ada beberapa benda lain di rumah yang juga menjadi bisa sarang kuman. Seperti gagang pintu, talenan, telepon, remote televisi, dan flush toilet.

Pertumbuhan bakteri pada benda- benda tersebut memang tidak sebanyak lap dapur dan keran air. Namun tetap saja Anda harus selalu membersihkannya.

Membersihkan rumah memang memerlukan kejelian. Apa yang tampaknya bersih, belum tentu bebas kuman. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan setiap benda di rumah Anda secara rutin.

(BA/ RH)