Manfaat Sarapan untuk Anak Sekolah

Oleh KlikDokter pada 22 Mar 2017, 21:41 WIB
Masih banyak anak sekolah yang tidak sarapan karena berbagai alasan. Padahal, manfaat sarapan sangat besar, lho!
Manfaat Sarapan untuk Anak Sekolah

Klikdokter.com, Jakarta “Aduh, kakak terlambat lagi bangunnya. Apa boleh buat, tidak usah sarapan pagi deh, langsung berangkat ke sekolah saja.” Mungkin skenario ini sering Anda alami. Padahal ini adalah skenario buruk, karena manfaat sarapan sangat besar bagi anak.

Tapi Anda bukan satu-satunya orang yang pernah menjalankan skenario di atas. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, sekitar 17% anak sekolah di Jakarta tidak sarapan. Sementara itu, jumlah di Yogyakarta lebih tinggi, yakni 59%.

Kedengarannya memang sepele, Namun sarapan adalah waktu makan yang sangat penting bagi anak sekolah. Mengabaikan waktu makan yang satu ini akan berdampak buruk bagi anak.

Berikut ini beberapa manfaat sarapan untuk anak sekolah:

  • Mendapatkan asupan gizi yang lengkapDengan mengonsumsi sarapan, anak sekolah mendapatkan kesempatan yang lebih banyak untuk memperoleh asupan gizi yang lebih lengkap. Menu sarapan pagi umumnya mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Menjaga berat badanAnak sekolah yang sering melewatkan sarapan cenderung memiliki berat badan yang berlebih. Hal ini disebabkan karena mereka akan lebih cepat merasa lapar, sehingga lebih berisiko untuk makan siang dengan kalap. Akibatnya, kalori yang masuk pun menjadi berlebih.
  • Memperbaiki nilaiPenelitian mengenai hal ini pernah dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Florida dan Harvard. Hasilnya, anak sekolah yang selalu mengonsumsi sarapan didapati memiliki fungsi kognitif dan konsentrasi yang lebih baik ketimbang mereka yang sering melewatkan sarapan pagi. Nilai-nilai pelajaran di sekolah pun—terutama matematika—lebih baik ketimbang anak yang tidak sarapan.
  • Lebih sehatTernyata, anak yang selalu sarapan juga didapati lebih sehat dan jarang absen dari sekolah. Hal ini dikarenakan sarapan dapat memberikan energi lebih untuk beraktivitas. Anak pun menjadi lebih aktif dan bersemangat.

Melihat besarnya manfaat sarapan di atas, usahakan agar anak Anda tidak melewatinya. Yuk, siapkan sarapan sehat untuk anak Anda besok pagi!

Pastikan sarapan untuk anak tidak hanya kenyang, tetapi juga bergizi lengkap, seperti yang ada dalam Energen. Sebab Energen tidak hanya mengandung susu, namun juga serealia, telur, serta sigmavit (vitamin dan mineral). Sangat lengkap untuk nutrisi dan energi tubuh anak, bukan? Energen kini hadir dalam lima pilihan rasa: cokelat, vanila, kacang hijau, jahe, dan yang terbaru rasa jagung. Energen jagung ini dilengkapi dengan bulir jagung asli, kaya serat, dan membuat kenyang lebih lama.

Dengan sarapan Energen, anak bisa menjadi lebih berenergi dan siap dalam menerima pelajaran di sekolah.

[RS/ RH]

Mamik SutejoajaMamik Sutejoaja

dok, saya pernah tes gula darah, dan tdk stbil, apakah saya terkena diabet dok,