Waktu dan Menu Sarapan yang Tepat

Oleh KlikDokter pada 23 Mar 2017, 08:54 WIB
Sebenarnya, kapan waktu sarapan yang tepat? Apa menu sarapan yang paling pas untuk mengawali hari di waktu pagi? Baca selengkapnya di sini.
Waktu dan Menu Sarapan yang Tepat

Klikdokter.com, Jakarta Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan sarapan. Selain memberikan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang, orang yang rutin sarapan cenderung lebih mudah menurunkan berat badan dan menjaga berat badan idealnya. Risiko terkena kolesterol, diabetes, dan penyakit jantung juga lebih rendah.

Di samping itu, sarapan dapat memberikan energi yang cukup untuk aktivitas Anda. Hal ini tentu menguntungkan ketika Anda harus bekerja atau melakukan aktivitas yang menguras otak maupun tenaga.

Tidak hanya bagi orang dewasa, anak sekolah pun didapati memiliki konsentrasi, memori, dan nilai pelajaran yang lebih baik jika rutin sarapan.

Sebaliknya, mereka yang sering absen sarapan bisa mendapatkan beberapa kerugian. American Heart Association dan Harvard School of Public Health mengungkapkan bahwa mereka yang jarang sarapan memiliki risiko penyakit jantung 27% lebih tinggi ketimbang mereka yang rajin sarapan.

Berbagai penelitian juga menemukan bahwa mereka yang jarang sarapan berisiko dua kali lipat lebih besar untuk menderita diabetes pada kemudian hari.

Waktu Terbaik

Sarapan tentu dilakukan di pagi hari. Tapi, sebenarnya kapan waktu sarapan yang tepat? Sebuah penelitian dari Inggris meneliti 1000 responden. Hasilnya menunjukkan bahwa waktu sarapan yang terbaik adalah antara pukul 7 hingga 11 pagi.

Sementara itu, ada pula penelitian lain yang mengatakan bahwa waktu terbaik untuk sarapan adalah 30 menit setelah Anda bangun tidur—tetapi tidak lebih dari pukul 10 pagi.

Menu Sehat

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa menu sarapan yang baik harus terdiri dari protein, serat, kalsium, dan sedikit lemak. Nutrisi tersebut bisa Anda peroleh, misalnya dengan mengonsumsi segelas susu, semangkuk serealia, sebutir telur, segelas yoghurt, atau satu buah apel.

Serat bisa didapat dari buah dan serealia. Sedangkan kalsium, lemak, dan protein diperoleh dari susu dan yoghurt. Jenis dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan kalori harian Anda.

Nah, sudah tidak bingung lagi, dong, kapan waktu dan menu sarapan yang tepat? Selamat menikmati hidangan sarapan Anda pagi ini, ya.

1 of 2

Mengapa Pilih Energen?

Terkadang orang bingung harus sarapan dengan menu apa. Bikin sendiri, tidak punya waktu. Jajan di luar, takut makanan tidak bersih. Sebagai alternatif, Anda bisa menyiapkan serealia kemasan untuk dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas.

Untuk minum makanan yang praktis, bergizi, dan sehat, ada Energen yang bisa dijadikan pilihan untuk melengkapi awal hari Anda. Tapi, apakah cukup?

Energen termasuk ke dalam kriteria sarapan sehat. Karena mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang penting bagi pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Hal ini membuat Energen tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga menyehatkan.

Energen kini hadir dalam lima pilihan rasa: cokelat, vanila, kacang hijau, jahe, dan rasa jagung. Energen jagung ini dilengkapi dengan bulir jagung asli, Energen kaya serat, dan kenyang lebih lama.

[RS/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓