Cara Membuat Rumah Tetap Hangat di Musim Hujan

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 27 Mar 2017, 06:28 WIB
Musim hujan masih berlangsung. Simak beberapa kiat berikut ini untuk membuat rumah tetap hangat di musim hujan.
Cara Membuat Rumah Tetap Hangat di Musim Hujan

Klikdokter.com, Jakarta Sering kali rumah terasa dingin saat musim hujan tiba. Kalau sudah begini, kebanyakan orang menjadi tidak nyaman untuk berlama-lama di rumah. Supaya rumah tetap hangat di musim hujan, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan, seperti:

  1. Membuka tirai

    Sinar matahari bisa menghangatkan rumah. Saat siang, sebisa mungkin buka tirai dan jendela agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah. Kemudian tutup tirai dan jendela rumah saat malam.

  2. Mengecat rumah

    Warna- warna tertentu akan memberikan kesan hangat pada rumah. Cobalah mengecat dinding dalam rumah atau memilih perabotan berwarna kecoklatan.
    Selain itu, jangan lupa untuk cat dinding luar rumah secara berkala. Cat dinding luar rumah dapat membantu menutup retakan- retakan halus pada dinding yang dapat menyebabkan air masuk ke rumah.

  3. Memasang karpet

    Bersentuhan langsung dengan lantai yang dingin membuat Anda merasa lebih dingin. Untuk mengatasinya, Anda dapat memasang karpet di ruangan keluarga. Selain menghangatkan, karpet juga mempercantik rumah Anda.

  4. Pemakaian aksesoris

    Hiaslah sofa dengan aksesoris seperti bantal- bantal dan kain penutup. Selain terlihat manis, kain penutup sofa bisa difungsikan sebagai selimut apabila Anda merasa terlalu dingin.

  5. Tutup pintu

    Sebisa mungkin tutup pintu dan jendela agar panas terkumpul di satu ruangan. Bila sedang berkumpul dengan keluarga di ruang tamu, misalnya, tutuplah pintu-pintu ruangan lainnya.

Nah, demikian tadi beberapa cara sederhana untuk membuat rumah tetap hangat di musim hujan. Untungnya musim hujan di negara tropis tidak sedingin musim dingin di negara empat musim. Sehingga dengan cara sederhana di atas, rumah bisa tetap hangat.

(BA/ RH)