Manfaat Ion Perak Bagi Kesehatan

Oleh dr. Jessica Florencia pada 01 Apr 2017, 12:06 WIB
Sudahkah Anda mengetahui seluk beluk sebuah senyawa logam yang dapat bermanfaat bagi kesehatan?
Manfaat Ion Perak Bagi Kesehatan

Klikdokter.com, Jakarta Pernah mendengar ion perak? Ion perak telah lama dan banyak digunakan dalam bidang kesehatan. Ion perak telah diaplikasikan di banyak hal seperti pemurnian air, prostesis tulang, operasi tulang, dan berbagai alat medis untuk jantung serta keperluan operasi secara umum.

Meski merupakan sebuah senyawa logam, penggunaan ion perak dalam produk kesehatan bersifat aman. Keunggulan ini menyebabkan ion perak begitu populer digunakan untuk aktivitas terkait pengobatan dan perawatan.

Bahkan, seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan perak dibuat dengan menggunakan bentuk ionnya (Ag+) sebagai antimikroba. Dunia kedokteran memanfaatkan ion perak untuk membunuh kuman guna menurunkan risiko infeksi dan menjaga kebersihan diri.

Keampuhan ion perak dalam membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri telah terbukti dalam rentang waktu yang luas. Berdasarkan penelitian di Brigham Young University dan Northwestern Medical School Amerika Serikat, ion perak memiliki potensi besar dalam mencegah infeksi oleh bakteri.

Pencegahan infeksi bakteri yang paling utama antara lain pada saluran pernapasan dan pencernaan. Dua jenis bakteri yang dapat dicegah penyebarannya pada saluran pernapasan adalah bakteri Staphylococcus aureus, sementara pada saluran pencernaan adalah bakteri Escherichia coli.

Kemampuan menghadapi infeksi bakteri ini yang kemudian menjadi jalan mauk bagi penggunaan ion perak untuk keperluan yang lebih luas lagi. Ion perak kini juga banyak digunakan dalam perawatan gigi, penyembuhan luka bakar, hingga mendukung prosedur operasi.

Dalam mendukung operasi, selain digunakan dalam operasi rekonstruksi tulang dan sendi, ion perak juga digunakan sebagai salah satu unsur dalam piranti pendukung kerja jantung yang digunakan pasca operasi jantung.

Nah, sekarang sudah banyak informasi tentang manfaat ion perak yang Anda dapatkan bukan? Ternyata, ion perak memiliki manfaat yang begitu luas bagi dunia kesehatan.

(MFW)