Salah Kaprah tentang Sabun Antibakteri

Oleh dr. Jessica Florencia pada 01 Apr 2017, 12:09 WIB
Tidak semua sabun antibakteri memiliki keampuhan yang sama.
Salah Kaprah tentang Sabun Antibakteri

Klikdokter.com, Jakarta Kemampuan suatu sabun untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri sangat bergantung dari bahan aktif yang terkandung di dalamnya.

Jika tidak dicantumkan maka sulit untuk diketahui manfaatnya dalam mengendalikan mikroba. Salah satu bahan aktif antibakterial yang ampuh dan secara luas digunakan dalam dunia kesehatan adalah ion perak. Ion perak telah diteliti dapat menghancurkan membran sel bakteri sehingga menyebabkan kematian bakteri.

Ion perak juga bekerja menyerang isi sel bakteri sehingga menghambat pembelahan dan pertumbuhan bakteri.

Untuk itulah, jangan salah kaprah tentang sabun antibakteri. Tidak semua sabun antibakteri memiliki kemampuan yang sama. Terlebih jika tidak diketahui kandungan aktif di dalamnya.

Selain itu, salah kaprah tentang sabun antibakteri lainnya adalah menyangkut penggunaannya. Kebanyakan orang menganggap hanya dengan mencuci dan bilas sesaat dapat memberikan manfaat membunuh kuman. Namun sayangnya, sabun antibakteri baru dapat berfungsi dengan baik jika digunakan dengan tepat dan benar.

Penggunaan sabun antibakteri harus menyeluruh dan juga teliti meliputi sela-sela bagian tubuh serta tidak terburu-buru. Penggunaannya pun harus ddisertai dengan air mengalir.


Jadi, jangan salah kaprah tentang sabun antibakteri! Tidak semua sabun berlabel antibakteri dapat memberikan keampuhan yang sama.

(MFW)