Brokoli Mampu Kurangi Radang Sendi?

Oleh dr. Nadia Octavia pada 03 Apr 2017, 18:59 WIB
Kandungan nutrisi pada brokoli ternyata dapat membantu mengurangi radang sendi. Temukan faktanya di sini.
Brokoli Mampu Kurangi Radang Sendi?

Klikdokter.com, Jakarta Brokoli merupakan sayuran hijau yang mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gr brokoli terdiri atas 2.82 gr protein, 2.6 gr serat, 47 mg kalsium, dan 89.2 mg vitamin C.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis & Rheumatism, ditemukan bahwa kandungan nutrisi dalam brokoli dapat membantu mengurangi peradangan sendi. Salah satunya adalah osteoartritis.

Studi dilakukan pada hewan yang diberi diet tinggi sulforaphane (zat yang ada pada brokoli). Hasilnya, ditemukan fakta risiko kerusakan tulang rawan dan sendi lebih rendah. Sulfur tersebut diduga menghambat enzim yang menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi.

Berdasarkan Journal of Pharmaceutical Sciences and Research, sebuah studi dilakukan pada perokok laki–laki yang diberi asupan brokoli 250 gr/ hari selama 10 hari. Hasilnya, pada responden terjadi penurunan C-reactive protein (CRP) darah hingga 48%. CRP merupakan indikator peradangan dalam tubuh.

Penelitian pada hewan yang dilakukan di National Cancer Institute juga menyebutkan bahwa brokoli dapat berperan sebagai anti karsinogen, antiviral, antibakterial, dan dapat mengurangi peradangan.

Namun sayangnya pengolahan brokoli seperti memblansir, memasak atau memotong brokoli dapat memengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya. Beberapa nutrisi yang terpengaruh antara lain glukosinolat, sulforaphane, polifenol dan antioksidan lainnya.

Nah, kini Anda tak ragu lagi ‘kan mengonsumsi si hijau yang satu ini. Ya, kandungan brokoli terbukti dapat membantu mengurangi radang sendi. Tapi ingat, agar kandungan gizi tetap terjaga, hindari memasak brokoli dengan suhu tinggi.

(DA/ RH)