Baca Ini Sebelum Sajikan Beras Merah untuk MPASI

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 27 Apr 2017, 15:36 WIB
Jangan salah, ternyata menyajikan beras merah untuk MPASI tidak boleh sembarangan, lho!
Baca Ini Sebelum Sajikan Beras Merah untuk MPASI

Klikdokter.com, Jakarta Setelah mencapai usia 6 bulan, si Kecil harus mendapatkan MPASI agar kebutuhan gizinya terus terpenuhi. Nah, salah satu sumber makanan yang dianjurkan untuk diolah sebagai MPASI adalah beras merah.

Meski memiliki tekstur lebih kasar daripada beras putih, namun beras merah memiliki nutrisi yang lebih dibandingkan dengan beras putih. Berikut beberapa zat gizi pada beras merah, yang tidak ada di dalam beras putih:

  • Zat besi. Kandungan zat besi pada beras merah sangat cukup untuk menyokong kebutuhan zat besi harian anak.
  • Vitamin B1, B3 dan B6. Vitamin ini berperan sebagai sumber enegi, yang dapat membantu perkembangan si Kecil. Baik dari segi perkembangan fisik, maupun otak.
  • Kalsium. Zat ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan otot si Kecil.
  • Fosfor. Fosfor dapat bantu menjaga kesehatan sistem otot dalam tubuh si Kecil.
  • Mangan. Zat mangan berperan dalam membantu produksi asam lemak, yang penting untuk sistem saraf si Kecil.
  • Thiamin. Thiamin sangat baik untuk perkembangan jantung si Kecil.
  • Serat. Beras merah menganddung serat yang tinggi, sehingga dapat menjaga sistem pencernaan si Kecil dan mencegah sembelit.

Namun, sebelum memberikan MPASI beras merah pada si Kecil, Bunda sebaiknya:

  1. Cuci beras merah dengan bersih. Setelah itu, rendam selama kurang lebih satu jam sebelum dimasak. Setelah perendaman selesai, pastikan air beras merah tidak Anda buang, karena banyak nutrisi penting di dalamnya.

  2. Agar beras merah cepat lunak, pastikan jumlah air yang digunakan saat memasak sedikit lebih banyak. Contohnya, jika Anda memasak 1 cangkir beras merah, maka air yang digunakan adalah sebanyak 3-4 cangkir.

  3. Jika air yang digunakan untuk memasak beras merah mengering, segera kukus nasi setengah matang tersebut dengan alat kukus. Kemudian setelah matang, Bunda dapat menyajikan nasi itu dalam bentuk puree pada si Kecil di bawah usia 1 tahun.

Selain cara di atas, Bunda pun dapat menyajikan beras merah dalam bentuk tepung. Ya, tepung beras merah. Caranya, panggang beras merah selama 5 menit pada suhu panas yang rendah. Kemudian, giling menggunakan cobek dan ulekan, atau dry mill.

Selanjutnya, saring hingga benar-benar halus dengan pengayak hingga berbentuk tepung beras. Dalam penyajiannya, ¼ cangkir tepung beras dapat dicampur dengan 2 cangkir air.

Jika Bunda berniat memberikan MPASI beras merah pada si Kecil, pastikan ia hanya mengonsumsinya sekali dalam 4 hari, ya! Dengan begitu, kemungkinan reaksi alergi atau gangguan pencernaan tidak akan menyerang dirinya.

(NB)