Kiat Mengenalkan Sayur Kepada Si Kecil Sejak Dini

Oleh dr. Sara Elise Wijono. MRes pada 02 Mei 2017, 10:15 WIB
Sayur sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Berikut ini kiat mengenalkan sayur kepada Si Kecil sejak dini.
Kiat Mengenalkan Sayur Kepada Si Kecil Sejak Dini

Klikdokter.com, Jakarta Sayur mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Sayangnya, makanan sehat ini tidak selalu menjadi favorit Si Kecil. Tak sedikit orangtua resah karena Si Kecil kerap menyingkirkan sayur dari piring. Agar Si Kecil gemar makan sayur, berikut ini kiat mengenalkan sayur kepada Si Kecil sejak dini.

  1. Berikan contoh

    Si Kecil banyak belajar dari melihat dan meniru. Karena itu orangtua perlu membuat kebiasaan makan bersama keluarga dan sediakan menu sayur di meja makan. Lalu perlihatkan pada Si Kecil bahwa semua anggota keluarga suka makan sayur. Dengan demikian diharapkan Si Kecil meniru dan mencoba makan sayur.

  2. Ajak Si Kecil terlibat

    Ajak Si Kecil terlibat dalam proses memasak sampai menyajikan sayur di meja makan. Sebelum itu, Anda bisa mengajak Si Kecil berbelanja dan biarkan dia memilih sayur yang ia inginkan. Selama memasak, Bunda bisa membiarkan anak terlibat mencuci sayur di dapur.

  3. Penampilan yang kreatif

    Jangan biarkan sayur tampil membosankan. Bunda bisa berkreasi dengan memotong sayur menjadi bentuk yang lebih menarik. Contohnya, wortel yang dipotong seperti bunga. Jika tidak berhasil, cobalah untuk menyembunyikan sayur. Maksudnya sajikan sayur dalam bentuk jus, pudding, ice cream, atau sup.

  4. Puji Si Kecil

    Jangan lupa memuji Si Kecil jika ia mau makan sayur. Sebaliknya, bila Si Kecil menolak makan sayur, jangan marahi dia. Sebab kemarahan orangtua justru membuatnya semakin membenci sayur. Bunda perlu sabar dan mencoba memberikan
    sayur kembali pada waktu makan berikutnya.

  5. Jangan putus asa

    Beberapa Si Kecil membutuhkan waktu beberapa kali untuk mencoba makanan baru sampai ia menyukainya. Karena itu, jangan putus asa jika Si Kecil menolak memakan sayur atau mengatakan ia tidak menyukainya.

Nah mulai sekarang, Bunda bisa menerapkan beberapa kiat tersebut supaya Si Kecil suka makan sayur. Bila Si Kecil masih belum menyukai sayur, coba terus dan jangan menyerah ya.

[BA/MFW]