Melirik Manfaat Sabun Mandi yang Mengandung Ion Perak

Oleh dr. Jessica Florencia pada 03 Mei 2017, 14:49 WIB
Sabun mandi yang mengandung ion perak kian digandrungi masyarakat. Sebenarnya, apa manfaat sabun ini?
Melirik Manfaat Sabun Mandi yang Mengandung Ion Perak

Klikdokter.com, Jakarta Berbagai senyawa yang menyatu dalam sabun mandi mampu bekerja sama untuk membersihkan tubuh dari berbagai polutan. Debu, minyak, keringat hingga lumpur yang menempel di tubuh akibat aktivitas seharian dengan mudah dihilangkan.

Selain variasi wujud sabun seperti dalam bentuk cair dan batangan, kini semakin banyak variasi sabun mandi yang mengedepankan inovasi dalam kandungannya. Tidak ketinggalan, sabun yang mengandung ion perak pun marak beredar di pasaran. Konon, sabun jenis ini lebih bermanfaat bagi kesehatan. Bagaimana kenyataannya?

Ion perak adalah senyawa yang digunakan dalam bidang kesehatan sebagai antimikroba. Senyawa ini aman, dan terbukti sangat bermanfaat. Mulai dari sekadar merawat luka, hingga menjaga peralatan operasi dari paparan kuman atau bakteri.

Beberapa penelitian pun telah membuktikan bahwa ion perak juga mampu melawan bakteri penyebab gangguan pernapasan (Staphylococcus), maupun kuman-kuman penyebab gangguan pencernaan seperti Salmonella dan Escherichia coli.

Sabun Mandi dengan Ion Perak

Masyarakat kian beralih ke sabun yang mengandung ion perak. Sebab, sabun jenis ini terbukti beberapa tingkat lebih efektif dalam memusnahkan kuman atau bakteri yang menempel di tubuh.

Hal itu diduga karena ion perak bekerja dengan merusak pembungkus dan isi bakteri, hingga akhirnya membunuh dan memusnahkan bakteri sama sekali. Di samping itu, senyawa ini juga memiliki kemampuan untuk menghadapi bakteri, virus maupun jamur.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, tidak ada salahnya jika Anda ingin menggunakan sabun mandi yang mengandung ion perak.

(NB/MFW)