Pentingnya Menggunakan Obat Secara Rasional

Oleh dr. Jessica Florencia pada 03 Mei 2017, 14:51 WIB
Obat harus digunakan secara rasional. Bukan hanya untuk memastikan upaya menyembuhkan tetapi manfaat lebih besar di baliknya.
Pentingnya Menggunakan Obat Secara Rasional

Klikdokter.com, Jakarta Segala sesuatu di dunia ini punya aturan. Begitu pula dengan obat, yang harus digunakan secara rasional, dengan mempertimbangkan segala aspek penting. Tahu maksudnya?

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengartikan menggunakan obat secara rasional sebagai penggunaan obat yang sesuai dengan kebutuhan klinis, dosis dan frekuensi yang sesuai, serta dengan biaya yang rendah dan mudah dijangkau. Agar lebih jelas, berikut ini pejelasannya:

  1. Sesuai dengan kondisi klinis

    Maksudnya adalah obat harus dikonsumsi sesuai dengan jenis penyakit yang dialami. Sebagai contoh adalah antibiotik, obat ini hanya digunakan untuk mengobati penyakit akibat infeksi bakteri. Apaibila antibiotik digunakan tidak untuk mengobati infksi bakteri, dalam jangka panjang akan memberikan efek yang merugikan.

  2. Dosis dan frekuensi yang tepat

    Dengan memerhatikan dosis, cara pemberian, jangka waktu, serta frekuensi, maka obat dapat berperan lebih efektif dalam mengatasi keluhan yang dialami pasien.

  3. Biaya terjangkau

    Hindari membeli obat-obatan yang dirasa tidak perlu. Sehingga, biaya yang dikeluarkan dapat ditekan sedemikian rupa.

Dengan menggunakan obat secara rasional, diharapkan peluang pasien untuk sembuh menjadi semakin besar dan terhindar dari efek yang merugikan.

(NB/MFW)

Zafa RaniZafa Rani

bagaimana penyembuhan penyempitan pembuluh darah keotak