Menilik Manfaat Ion Perak dalam Membunuh Bakteri

Oleh dr. Jessica Florencia pada 03 Mei 2017, 18:57 WIB
Pernah dengar ion perak? Meski terasa asing, ternyata senyawa yang satu ini sangat efektif dalam membunuh bakteri!
Menilik Manfaat Ion Perak dalam Membunuh Bakteri

Klikdokter.com, Jakarta Terdapat ribuan hingga jutaan jenis bakteri yang hidup di dunia. Beberapa di antaranya sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian. Atas alasan ini, para peneliti terus berusaha untuk dapat melawan dan mengurangi ancaman bakteri dalam kehidupan manusia.

Belakangan, ion perak disebut-sebut sebagai solusi untuk melawan bakteri. Sebenarnya, apa itu ion perak dan mengapa benda ini bisa bermanfaat demikian?

Ion perak merupakan suatu senyawa logam, yang kerap digunakan dalam produk kesehatan. Senyawa ini aman, dan terbukti sangat bermanfaat melawan aktivitas bakteri, maupun mikrob jenis lainnya.

Saking hebatnya, ion perak juga mampu menghambat bakteri untuk bertambah banyak, atau bahkan memusnahkannya sama sekali. Senyawa ini bekerja dengan masuk ke dalam sel bakteri, menghancurkan membran pembungkus dan isi dari bakteri, sehingga bakteri akan musnah dan tidak bertambah banyak.

Selain yang sudah disebutkan, cakupan kerja dari ion perak tidak hanya sebatas itu saja. Karena, senyawa ini juga mampu melawan bakteri penyebab gangguan pernapasan (Staphylococcus), maupun kuman-kuman penyebab gangguan pencernaan seperti Salmonella dan Escherichia coli.

Kini ion perak tidak hanya digunakan untuk kebersihan pribadi saja. Ion perak dimanfaatkan juga untuk pengendalian infeksi di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.

Demikianlah sederet informasi terkait manfaat ion perak dalam membunuh bakteri.

(NB/MFW)