Jangan Lewatkan Sarapan, Makanan Terpenting dalam Sehari

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 04 Mei 2017, 11:02 WIB
Meski tampak sepele, sarapan ternyata mendatangkan segudang manfaat.
Jangan Lewatkan Sarapan,  Makanan Terpenting dalam Sehari

Klikdokter.com, Jakarta Tidak berlebihan jika mengatakan bahwa sarapan adalah makanan terpenting dalam sehari. Sarapan berhubungan dengan berat badan yang stabil hingga menurunkan risiko penyakit jantung. Yuk, intip berbagai manfaatnya satu per satu:

  • Diet Sukses

    Sengaja tidak sarapan saat diet? Menurut berbagai penelitian, orang yang rutin sarapan ditemukan lebih berhasil dalam menurunkan berat badan ketimbang mereka yang sering bolos sarapan. Alasannya, tidak sarapan cenderung membuat orang lebih kalap saat makan siang dan sering ngemil.
  • Berat Badan Stabil

    Anda sering mengalami diet yo-yo? Sudah lelah dengan berat badan yang turun naik dan tidak stabil? Coba, deh, mulai rutin sarapan. Menurut para ahli, Anda dapat lebih mudah menjaga berat badan jika rajin sarapan.

  • Gizi Lengkap dan Seimbang

    Orang yang rutin sarapan cenderung lebih sehat, lho. Ini karena mereka mendapatkan asupan karbohidrat, serat, protein, vitamin, serta mineral yang lebih banyak ketimbang orang yang jarang sarapan.

  • Penyakit Jauh

    Berdasarkan penelitian yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition, orang yang rutin sarapan memiliki risiko diabetes yang lebih rendah daripada mereka yang tidak sarapan. Dari jurnal Circulation, penikmat sarapan terbukti memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

  • Anak Lebih Pintar

    Tidak hanya orang dewasa, anak pun memetik manfaat dari sarapan. Anak yang rutin sarapan didapati memiliki nilai, daya ingat, dan konsentrasi yang lebih baik daripada anak yang jarang sarapan.

Saking pentingnya sarapan, para ahli berpendapat bahwa lebih baik sarapan sedikit atau ala kadarnya ketimbang tidak sarapan sama sekali. Jadi, jangan pernah melewatkan sarapan, ya!

[RS]