7 Manfaat Sarapan yang Perlu Anda Ketahui

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 05 Mei 2017, 06:24 WIB
Masih malas sarapan? Baca ini agar Anda tidak lagi melewatkan sarapan!
7 Manfaat Sarapan yang Perlu Anda Ketahui

Klikdokter.com, Jakarta Sarapan sering dinomorduakan oleh banyak orang. Alasannya beragam, mulai dari sibuk hingga menu sarapan yang membosankan. Padahal, sarapan sangat berpengaruh bagi kesehatan Anda. Berikut ini tujuh manfaat sarapan yang wajib Anda ketahui:

  1. Tambahan Nutrisi

    Apabila rutin dilakoni setiap hari, sarapan bisa memberikan asupan nutrisi yang banyak dan lengkap. Bagaimana tidak, menu sarapan diketahui kaya akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

  2. Tambahan Energi

    Sering lemas dan sulit berkonsentrasi? Mungkin Anda kekurangan energi. Nah, salah satu manfaat sarapan adalah Anda bisa mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas seharian tanpa takut lemas.

  3. Menjaga Berat Badan

    Ternyata, mereka yang rutin sarapan dapat menjaga berat badan tetap seimbang dengan lebih baik. Karena saat perut sudah terisi, Anda pun tidak akan kalap ketika makan siang tiba.

  4. Menurunkan Berat Badan

    Tidak hanya menjaga berat badan tetap stabil, sebanyak 80% orang yang sarapan lebih berhasil menurunkan berat badannya ketimbang mereka yang jarang sarapan. Tidak tanggung-tanggung, kelebihan berat badan yang berhasil dibuang mencapai 15 kilogram.

  5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

    Siapa sangka, salah satu manfaat sarapan adalah membuat anak lebih pintar? Berbagai penelitian menunjukkan bahwa anak yang rutin sarapan memiliki nilai dan konsentrasi yang lebih tinggi ketimbang anak yang tidak sarapan.

  6. Mencegah Penyakit Jantung

    Sebuah penelitian dari Universitas Harvard menemukan bahwa pria yang sering melewatkan sarapan berisiko terkena penyakit jantung 27% lebih tinggi ketimbang mereka yang rutin sarapan.

  7. Mencegah Diabetes

    Rutin sarapan pagi dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin, yang merupakan dasar terjadinya penyakit kencing manis.

Banyak sekali, bukan, manfaat sarapan bagi tubuh? Jadi, siap untuk rutin sarapan, dong?

[RS]