Ingin Menurunkan Berat Badan? Mulailah dengan Sarapan

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 05 Mei 2017, 07:41 WIB
Banyak orang menganggap tidak sarapan akan membuat program diet lebih berhasil. Ternyata ini sangat keliru!
Ingin Menurunkan Berat Badan?  Mulailah dengan Sarapan

Klikdokter.com, Jakarta Pelaku diet sering kali melalaikan sarapan. Padahal, untuk mendapatkan berat badan yang ideal, sarapan adalah salah satu hal yang penting.

Menurut penelitian, mereka yang sering melewatkan sarapan malah berisiko menimbun kalori lebih banyak lagi. Sementara itu, mereka yang rutin sarapan justru lebih berhasil menurunkan berat badan.

Yuk, intip alasan mengapa tidak sarapan dapat membuat diet gagal:

  • Tergoda Ngemil

    Bila melewatkan sarapan, tentunya Anda akan lebih cepat lapar sehingga tergoda ngemil. Kalori yang masuk melalui camilan ini umumnya akan sulit terkontrol. Akibatnya, kalori menumpuk di dalam tubuh dan membuat diet gagal.

  • Kalap Makan Siang

    Orang yang tidak sarapan akan lebih merasa lapar. Alhasil, saat makan siang tiba, mereka akan cenderung kalap. Selain itu, pemilihan jenis makanan yang sehat juga kurang diperhatikan.

  • Metabolisme Lambat

    Ketika melewatkan sarapan, enzim yang berfungsi untuk mencerna lemak tidak dikeluarkan oleh tubuh. Metabolisme Anda pun menjadi terlambat. Dengan demikian, tubuh menjadi lamban dalam mencerna dan membakar kalori menjadi energi.

  • Jarang Olahraga

    Menurut sebuah penelitian pemerintah Amerika Serikat, mereka yang malas sarapan cenderung malas pula berolahraga. Padahal, program diet baru dapat berjalan optimal jika ditunjang dengan olahraga teratur.

  • Makan Berlemak

    Masih dari penelitian pemerintah Amerika Serikat, dilaporkan bahwa mereka yang jarang sarapan cenderung banyak mengonsumsi makanan yang berlemak. Dengan timbunan lemak yang tidak semestinya, diet pun cenderung gagal.

Jadi, ingin diet Anda sukses? Ayo, rutin sarapan mulai dari sekarang!

[RS]