5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 05 Mei 2017, 06:45 WIB
Sarapan bukan sekadar makan biasa. Pemilihan menu sarapan yang baik juga perlu Anda perhatikan.
5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Klikdokter.com, Jakarta Jangan sembarangan memilih menu sarapan. Salah-salah, bukannya sehat yang didapat, malah masalah kesehatan lain yang mengintai. Berikut adalah lima makanan yang sebaiknya dihindari saat sarapan:

  • Mi Instan

    Mie instan kurang mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, serta memiliki kadar garam yang tinggi. Karena itu, mi instan termasuk makanan yang kurang baik untuk sarapan, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal.

  • Makanan Kaleng

    Meski praktis, makanan kaleng sebaiknya tidak dikonsumsi untuk sarapan. Jenis makanan ini mengandung tinggi garam dan gula. Nutrisinya juga lebih sedikit dibandingkan dengan bahan makanan segar.

  • Roti Putih dengan Margarin

    Margarin populer sebagai teman makan roti. Tapi ternyata, pilihan ini kurang baik untuk kesehatan karena tingginya karbohidrat dan lemak jahat.

  • Jus Buah

    Anda terkejut melihat jus buah di daftar sarapan yang kurang sehat? Meski bervitamin dan mineral, jus buah juga memiliki gula yang tinggi dan serat yang rendah. Hal ini bisa menjadi malapetaka bagi pelaku diet atau penderita diabetes.

  • Kue

    Kue mengandung tinggi kalori, karbohidrat, dan lemak jahat yang dapat mengacaukan diet Anda. Tak hanya itu, kue juga kurang bersahabat bagi pengidap diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.

Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting untuk menunjang aktivitas harian Anda. Jangan sampai Anda salah memilih menu sarapan dan tidak mendapatkan manfaatnya. Salam sehat! [RS/MFW]

MuhirohMuhiroh

Kalo sarapan pake roti putih dan saus coklat gmna dok baik tidak?