Awas, Osteoporosis Juga Serang Usia Muda

Oleh dr. Alvin Nursalim pada 08 Mei 2017, 11:26 WIB
Osteoporosis juga bisa menyerang usia muda. Cari tahu penyebabnya dan cegah sekarang juga!
Awas, Osteoporosis Juga Serang Usia Muda

Klikdokter.com, Jakarta Satu dari dua wanita, dan satu dari empat pria di atas usia 50 tahun akan mengalami patah tulang akibat osteoporosis. Belakangan, penyakit ini juga kian menyerang usia muda.

Secara singkat, osteoporosis dapat diartikan sebagai penyakit yang menyebabkan menurunnya kepadatan tulang. Kondisi ini mengakibatkan tulang mudah retak atau bahkan patah.

Memang, salah satu faktor risiko osteoporosis adalah usia. Artinya, semakin tua usia, semakin besar risiko terkena penyakit ini. Namun, bukan berarti Anda yang masih muda bisa bebas dari ancaman osteoporosis.

Berikut beberapa penyebab mengapa osteoporosis juga bisa menyerang usia muda:

  1. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.
  2. Penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang.
  3. Ketidakmampuan tubuh untuk menyerap gizi dari makanan.
  4. Menderita penyakit tertentu, seperti penyakit Chron, rematik, dan gangguan kelenjar tiroid.
  5. Adanya riwayat osteoporosis di keluarga.

Berita baiknya, osteoporosis dapat dicegah. Semakin dini pencegahan, semakin kecil risiko yang dimiliki seseorang. Berikut tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan:

  1. Olahraga

    Olahraga secara rutin dan teratur akan merangsang tulang untuk memiliki kekuatan yang lebih. Anda dapat mencoba berbagai jenis olahraga, seperti olahraga aerobik dan olahraga beban ringan.

  2. Konsumsi makanan bergizi seimbang

    Tulang kuat berawal dari makanan tinggi kalsium. Beberapa makanan yang mengandung zat gizi ini adalah susu, keju, yoghurt dan sayuran hijau.

    Selain kalsium, tulang Anda juga membutuhkan protein dalam jumlah yang cukup. Zat gizi ini dapat Anda temukan pada kacang-kacangan, ikan dan daging ayam.

  3. Sinar matahari

    Vitamin D yang cukup diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Selain dari makanan, vitamin ini juga bisa Anda dapatkan dari paparan sinar matahari pagi.

Cegah osteoporosis sekarang juga dengan tiga tip sederhana di atas. Jika osteoporosis telah manjangkiti tulang, kualitas hidup Anda akan terganggu seluruhnya. Anda tidak ingin osteoporosis merenggut kebahagiaan dalam hidup, bukan?

(NB/MFW)