Makanan Tinggi Kalsium Tidak Sepenuhnya Sehat

Oleh dr. Alvin Nursalim pada 08 Mei 2017, 16:41 WIB
Agar benar-benar bermanfaat bagi tubuh, makanan tinggi kalsium harus dikonsumsi sesuai aturan.
Makanan Tinggi Kalsium Tidak Sepenuhnya Sehat

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki tulang kuat adalah impian setiap orang. Untuk mewujudkannya, tidak sedikityang kemudian mengonsumsi makanan tinggi kalsium. Namun, tahukah Anda bahwa makanan jenis ini tidak sepenuhnya baik bagi kesehatan?

Tidak dimungkiri, makanan tinggi kalsium adalah salah satu asupan untuk mendapatkan tulang, dan gigi yang kuat, serta otot, sel, dan saraf yang berfungsi dengan baik. Beberapa contoh makanan jenis ini adalah susu, keju, yoghurt, brokoli dan lainnya.

Di balik manfaatnya, ternyata sebagian besar makanan berkalsium juga menyimpan kalori yang tinggi. Jadi, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak seharusnya, makanan jenis ini bisa membuat berat badan meningkat, atau bahkan obesitas, yang bisa berujung pada penyakit mematikan.

Nah, agar impian Anda mendapatkan tulang kuat tidak terhalang oleh kalori di balik makanan tinggi kalsium, ini kiat yang harus dilakukan:

  1. Tidak dikonsumsi berlebihan

    Semua makanan yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Sebab, jumlah kalori yang tidak habis dibakar oleh tubuh akan diubah menjadi lemak dan menyebabkan kegemukan, yang pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit mematikan.

  2. Pilihlah produk rendah lemak

    Jangan lupa untuk memilih produk makanan berkalsium yang menganduk sedikit lemak. Dengan ini, Anda masih mendapatkan manfaat dari kalsium, dengan kadar lemak dan kalori yang masuk ke tubuh lebih rendah.

  3. Jangan hanya mengandalkan makanan

    Selain dari makanan, kalsium juga bisa didapatkan dari suplemen. Mendapatkan kalsium dari suplemen akan menghindarkan Anda dari konsumsi kalori berlebih yang tidak diperlukan.

Selain ketiga cara di atas, Anda tetap harus berolahraga secara rutin dan teratur agar tulang kuat yang diimpikan bisa segera terwujud!

(NB/MFW)