Perbedaan Antara Gatal Karena Alergi dan Gigitan Nyamuk

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 14 Mei 2017, 22:33 WIB
Ada beberapa perbedaan antara gatal karena alergi dan gigitan nyamuk.
Perbedaan Antara Gatal Karena Alergi dan Gigitan Nyamuk

Klikdokter.com, Jakarta Si Kecil yang belum bisa mengungkapkan keluhan, biasanya akan merespons rasa gatal dengan tangisan. Dalam kondisi seperti ini, hal pertama yang orangtua harus lakukan yaitu mencari tahu penyebab gatal, apakah karena alergi atau gigitan nyamuk.

Berikut ini perbedaan antara gatal karena alergi dan gigitan serangga:

Gatal akibat reaksi alergi

Alergi adalah suatu reaksi berlebihan pada tubuh terhadap rangsangan dari luar. Saat terjadi alergi, tubuh menghasilkan antibodi IgE untuk mengikat zat yang menyebabkan alergi (alergen).

Antibodi yang sudah terbentuk akan melekat pada sel mast. Sel mast merupakan sel yang memicu berbagai bahan kimia ke dalam darah seperti histamin. Histamin adalah senyawa kimia yang berperan menimbulkan reaksi alergi.

Ketika terjadi alergi, respons pertama yang muncul adalah reaksi pada kulit. Sebagian besar orang akan merasa gatal.

Gatal karena alergi biasanya muncul bersama gejala lain seperti bersin-bersin, hidung mengeluarkan ingus, mata gatal dan berair, serta muncul bercak kemerahan yang melebar di kulit.

Gatal akibat gigitan serangga

Saat seseorang terkena gigitan serangga seperti nyamuk, tungau, atau kutu, reaksi pertama yang timbul adalah gatal. Setelah itu, reaksi yang muncul adalah benjolan merah kecil di kulit.

Sebagai contoh, bila seseorang digigit nyamuk, nyamuk menusukkan mulutnya dan mulai menghisap darah. Bekas tusukan tersebut menimbulkan benjolan merah.

Benjolan merah merupakan respons tubuh terhadap protein yang berasal dari air liur nyamuk. Benjolan tersebut tidak menyebar ke seluruh tubuh seperti gatal akibat reaksi alergi dan dapat bertahan sampai dua hari.

Ingat, gatal karena alergi dan gigitan nyamuk adalah dua hal yang berbeda. Gatal karena alergi dapat diatasi dengan menghindari faktor pencetusnya. Sedangkan untuk mencegah gatal karena gigitan serangga pada Si Kecil di bawah satu tahun, Bunda bisa mengoleskan losion anti nyamuk di area kulit si Kecil yang tidak tertutup pakaian.

Nah, jangan sampai salah mengartikan gatal yang dirasakan oleh Si Kecil. Semoga tulisan ini bisa membantu Bunda membedakannya.

[BA/ RH]