3 Alasan Mengapa Anda Harus Cuci Tangan Pakai Sabun

Oleh dr. Jessica Florencia pada 17 Mei 2017, 10:06 WIB
Cuci tangan pakai sabun adalah cara terbaik untuk mencegah Anda dan keluarga dari ancaman kuman penyakit.
3 Alasan Mengapa Anda Harus Cuci Tangan Pakai Sabun

Klikdokter.com, Jakarta Cuci tangan adalah kegiatan penting, yang kerap dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menggunakan air mengalir, hand sanitizer, hingga menggunakan sabun. Nah, di antara cara dan metode tersebut, hanya satu yang paling direkomendasikan oleh medis. Anda tahu yang mana?

Ya. Metode yang paling direkomendasikan oleh medis adalah cuci tangan pakai sabun. Apa saja alasannya:

  1. Membunuh lebih banyak kuman

    Daripada hanya mencuci tangan dengan air bersih, riset medis menunjukan bahwa penggunaan sabun dengan air terbukti lebih efektif dalam membasmi kuman atau bakteri berbahaya yang menempel pada kulit.

  2. Membersihkan kotoran lebih efektif

    Cuci tangan pakai sabun telah dibuktikan dapat membersihkan kotoran lebih efektif. Dengan demikian, risiko kuman atau bakteri berbahaya masuk ke dalam tubuh akan semakin kecil.

  3. Mujarab melarutkan kotoran minyak

    Cuci tangan pakai sabun adalah cara paling efektif untuk menghilangkan sisa kotoran minyak atau lemak yang tertinggal. Dengan demikian, tangan Anda akan bersih dan terlindungi dari bakteri maupun kuman penyebab penyakit.

Sudah tahu ‘kan mengapa Anda harus cuci tangan pakai sabun? Yuk, tanamkan kebiasaan baik ini dari sekarang. Bukan hanya Anda, keluarga pun akan terlindung dari penyakit akibat kuman di tangan.

(NB/MFW)