5 Waktu yang Tepat untuk Cuci Tangan

Oleh dr. Jessica Florencia pada 17 Mei 2017, 10:08 WIB
Tahukah Anda bahwa cuci tangan tidak hanya harus dilakukan sebelum dan sesudah makan saja?
5 Waktu yang Tepat untuk Cuci Tangan

Klikdokter.com, Jakarta Cuci tangan bukanlah sekedar ritual sebelum makan. Riset medis menunjukan bahwa cuci tangan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan badan. Dengan catatan, cuci tangan dilakukan di saat dan waktu yang tepat. Apakah anda tahu kapan waktu yang tepat untuk cuci tangan?

Sebagian dari Anda mungkin akan menjawab, “Sebelum dan sesudah makan.” Memang benar, tapi tidak sepenuhnya. Sebab, ada waktu lain untuk mencuci tangan yang sangat penting untuk dilakukan. Berikut ini waktu – waktu yang dimaksud:

  1. Sebelum dan sesudah makan pagi, siang, dan malam

    Anda pasti sudah tahu bahwa mencuci tangan sebelum dan sesudah makan adalah rutinitas penting yang tidak boleh ditinggalkan. Sebab, tangan adalah media perpindahan kuman yang efektif, sehingga bila tidak dibersihkan dapat menyebabkan penyakit bagi diri sendiri dan orang lain.

  2. Setelah dari toilet

    Toilet jelas mengandung konsentrasi kuman yang sangat banyak. Karena itu, setelah dari toilet, Anda diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun. Dengan demikian, risiko kuman atau bakteri berbahaya untuk menginfeksi diri Anda semakin kecil.

  3. Sewaktu mandi

    Waktu mandi wajib menggunakan sabun untuk membunuh kuman penyakit yang menempel di seluruh badan.

  4. Setelah bersin dan batuk

    Di saat bersin atau batuk, tangan umumnya digunakan untuk menutup mulut dan hidung guna menghindari penyebaran infeksi. Jika setelahnya Anda tidak mencuci tangan, maka risiko penyakit untuk menular ke orang lain akan semakin besar.

  5. Setelah menggunakan gadget atau benda elektronik lainnya

    Telepon genggam, keyboard komputer, remote TV, dan benda sejenis yang sering berpindah tangan atau digunakan secara bergantian adalah tempat yang baik bagi kuman dan bakteri untuk bersarang serta berkembang biak. Nah, agar Anda tidak terserang penyakit infeksi gara-gara benda tersebut, jangan lupa cuci tangan setelah menggunakannya, ya!

Ingatlah bahwa cuci tangan adalah ritual sederhana, yang bisa melindungi diri Anda dari paparan kuman dan bakteri berbahaya. Yuk, biasakan untuk melakukannya dari sekarang!

(NB/MFW)