Keunggulan Jenis-Jenis Sabun Mandi

Oleh dr. Jessica Florencia pada 17 Mei 2017, 10:20 WIB
Berbeda jenis sabun mandi memiliki manfaat yang berbeda terhadap kesehatan badan. Format manakah yang terbaik?
Keunggulan Jenis-Jenis Sabun Mandi

Klikdokter.com, Jakarta Seiring waktu, jenis sabun mandi yang beredar di pasaran semakin beragam. Sabun batangan dulu menjadi satu-satunya pilihan semua orang. Namun, kini ada sabun yang dipasarkan dalam bentuk cair bahkan berbentuk gel. Lantas, apa bedanya dan harus pilih yang mana?

Perlu Anda ketahui, awalnya sabun mandi diciptakan untuk membersihkan debu, kotoran, keringat yang menempel, serta membersihkan tumpukan sel kulit mati. Namun seiring waktu, sabun pun berevolusi menjadi bentuk yang bervariasi guna memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam.

Beda bentuk, beda pula manfaat yang dihasilkan. Agar lebih jelas, berikut jenis sabun mandi beserta manfaatnya:

  1. Sabun Batangan

    Ini merupakan jenis sabun mandi yang paling banyak dikenal masyarakat. Selain karena harganya murah, sabun batangan juga kerap menawarkan berbagai manfaat. Mulai dari sekadar untuk menangkal bakteri, hingga membersihkan kuman yang menempel pada kulit.

  2. Sabun Cair

    Sabun ini dinilai sangat praktis, karena mudah dibawa saat bepergian. Lalu, sabun cair umumnya dinilai lebih higienis, karena bisa dipakai oleh orang – orang yang berbeda tanpa kontak langsung terhadap sabun tersebut. Selain itu, sabun cair juga menghasilkan busa yang banyak, sehingga membuat pengalaman mandi lebih menyenangkan.

  3. Sabun Gel

    Bentuknya hampir mirip dengan sabun cair. Hanya saja, sabun gel memiliki tekstur yang lebih kental dan padat menyerupai agar-agar. Selain itu, satu tetes sabun gel memiliki kandungan antibakteri yang lebih kuat dibandingkan sabun cair biasa. Lalu, sabun gel juga lebih banyak menghasilkan busa daripada sabun cair.

Mana sabun yang terbaik? Faktanya, jenis dan bentuk sabun tidak menentukan baik atau tidaknya sabun tersebut bagi kesehatan. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tapi, akan lebih baik jika sabun yang Anda pilih memiliki kandungan yang dapat secara efektif membersihkan kotoran, lemak atau minyak, dan membunuh kuman maupun bakteri berbahaya yang menempel di kulit.

Jadi, memilih sabun mandi yang tepat tidak hanya terbatas pada jenis atau bentuknya saja. Melainkan juga harus memerhatikan bahan aktif yang ada di dalamnya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan manfaat sabun dalam menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara menyeluruh.

(NB/MFW)