Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Makanan Ini

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 26 Mei 2017, 02:27 WIB
Agar tidak mudah sakit, tingkatkan kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan berikut ini.
Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Makanan Ini

Klikdokter.com, Jakarta Makan adalah cara terbaik mencegah serangan penyakit. Karena dengan makan, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih optimal. Pertanyannya, makanan seperti apa yang harus Anda konsumsi?

Makanan sehat dan bergizi adalah jawabannya. Berikut beberapa jenis makanan yang efektif menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama saat kondisi Anda sedang tidak fit:

  1. Jeruk

    Jeruk mengandung vitamin, mineral dan serat yang baik untuk tubuh. Buah berwarna oranye ini juga mengandung antioksidan dan zat lain yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang, jantung dan sistem kekebalan tubuh.

  2. Jamur kancing

    Jamur kancing mengandung zat selenium dan vitamin B yang baik bagi tubuh. Jika zat selenium di dalam tubuh rendah, Anda mungkin rentan terkena flu.

  3. Tiram

    Tiram mengandung zink, yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Zink yang terkandung dalam tiram dapat mengaktifkan sel darah putih sebagai respon imun, serta membantu proses penyembuhan luka.

  4. Semangka

    Tidak hanya menyegarkan, semangka juga mengandung zat antioksidan gluthathione yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi. Untuk memperoleh zat glutathione ini, konsumsilah bagian semangka yang terletak berdekatan dengan kulitnya.

  5. Teh

    Kandungan zat flavonoid dan polifenol dalam teh dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dalam melawan penyakit. Selain itu, antioksidan yang juga terkandung dalam teh mampu menangkal radikal bebas.

  6. Brokoli

    Selain kaya nutrisi, brokoli juga mengandung vitamin A, C dan zat antioksidan glutation yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

  7. Jahe dan bawang putih

    Jahe tak hanya meringankan rasa mual dan muntah, tapi juga sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Sedangkan bawang putih dapat membantu meringankan infeksi kulit, karena bermanfaat melawan bakteri, virus, maupun jamur. Selain itu, bawang putih juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

  8. Makanan laut

    Ikan dan makanan laut lainnya seperti tenggiri, kerang, herring, tuna, krill dan tiram kaya akan omega 3 fosfolipid. Zat ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kondisi tubuh tetap baik, dan mencegah lonjakan kolesterol di dalam tubuh.

Makanan di atas sangat mudah ditemukan, bukan? Mulai saat ini, jangan lupa untuk menambahkan makanan-makanan tersebut agar kekebalan tubuh meningkat, dan kesehatan Anda tetap terjaga. Bila perlu, Anda juga bisa mengombinasikan makanan di atas dengan suplemen.

(NB/ RH)