Hobi Traveling? Ini Caranya Agar Tidak Mudah Sakit

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 26 Mei 2017, 03:00 WIB
Takut dibayangi penyakit saat traveling? Tenang, cara ini bisa Anda jadikan solusinya.
Hobi Traveling? Ini Caranya Agar Tidak Mudah Sakit

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti suka traveling. Sebab, kegiatan yang satu ini bisa menjadi cara melepas penat yang sangat ampuh. Namun tak jarang, traveling justru membuat orang yang melakukannya jatuh sakit.

Tidak dimungkiri, tubuh memang rentan terserang penyakit saat traveling. Ini karena pengaruh beberapa faktor, yakni kelelahan, perubahan cuaca dan lingkungan, asupan makan dan minum yang tidak terjaga, serta cedera.

Adakah cara terbaik agar tidak mudah sakit saat traveling? Ada, berikut ini caranya:

  1. Kenali tempat tujuan dengan baik

    Sebelum traveling ke tempat jauh atau tempat yang belum pernah Anda kunjungi, luangkan waktu untuk mencari informasi mengenai kondisi lingkungan serta keadaan cuaca di daerah tersebut. Dengan persiapan yang matang, niscaya Anda tidak akan sakit saat traveling.

  2. Atur jadwal dengan baik

    Terbatasnya waktu saat traveling membuat Anda cenderung lupa bahwa tubuh juga perlu istirahat. Jadi, selain mengatur barang bawaan dan daftar kunjungan, jangan lupa untuk mengatur jadwal istirahat dengan baik. Dengan istirahat yang cukup, traveling Anda tidak akan terganggu oleh penyakit.

  3. Jaga pola makan

    Selama traveling, menjaga pola makan sangatlah penting. Banyak traveler yang sakit karena sering terlambat makan, atau makan dan minum sembarangan.
    Maka dari itu, pastikan Anda makan tepat waktu, serta pilih jenis makanan yang bergizi selama traveling. Jangan lupa untuk minum air putih dengan cukup. Bila perlu, konsumsilah suplemen kesehatan untuk menjaga kebugaran Anda selama traveling.

  4. Perhatikan setiap pijakan

    Banyak traveler yang sakit, karena jatuh, terkilir atau kecelakaan lalu lintas saat traveling. Untuk itu, Anda perlu lebih berhati-hati. Gunakan sepatu, pakaian, dan kendaraan yang sesuai saat traveling.

Demikian beberapa cara agar Anda tidak mudah sakit saat traveling. Semoga bermanfaat, terutama bagi Anda yang hobi melakukan kegiatan pelepas penat ini. Selamat menikmati waktu traveling Anda!

(NB/ RH)