Sahur Nikmat Bergizi dengan Susu dan Serealia

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 29 Mei 2017, 08:50 WIB
Bingung menyiapkan menu sahur yang nikmat dan bergizi untuk keluarga selama bulan puasa? Ikuti panduan dari kami.
Sahur Nikmat Bergizi dengan Susu dan Serealia

Klikdokter.com, Jakarta Tak terasa, bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Sejak matahari terbit hingga terbenam (kurang lebih 12 jam), umat Muslim menahan rasa haus dan lapar. Selama puasa, umat Muslim perlu mengonsumsi sarapan saat sahur.

Sahur diperkirakan menyumbang sekitar 30% kebutuhan kalori dalam sehari. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak melewatkannya karena sahur adalah bekal energi bagi tubuh untuk beraktivitas sepanjang hari.

Di saat sahur, Anda harus memilih menu yang sehat, bergizi, dan dapat memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas selama berpuasa. Berikut deretan menu yang sebaiknya ada di sahur Anda:

  • Karbohidrat Kompleks

    Anda memerlukan makanan yang dapat memberikan cukup energi, agar aktivitas selama puasa berjalan seperti biasa. Oleh karena itu, pilihlah karbohidrat kompleks seperti roti gandum, beras merah, atau serealia.

  • Protein

    Selain karbohidrat kompleks, protein juga sangat penting untuk Anda konsumsi saat sahur. Zat gizi ini dapat diperoleh dari daging sapi, ayam, ikan, keju, yoghurt, dan susu.

  • Vitamin dan Mineral

    Karbohidrat kompleks dan protein sangat baik dikombinasikan dengan vitamin dan mineral. Zat gizi ini bisa Anda temukan di sayuran dan buah-buahan.

Adapun makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi di saat sahur adalah makanan tinggi lemak dan gula. Misalnya: kue, nasi goreng, daging kambing, dan makanan-makanan lain yang digoreng dengan minyak yang banyak.

Mengapa makanan-makanan tersebut sebaiknya dihindari? Sebab makanan yang demikian dapat membuat Anda cepat lelah dan mengantuk.

Meski hampir semua orang tahu pentingnya sahur, terkadang waktu makan yang satu ini bisa saja terlewatkan. Biasanya, terlambat bangun adalah alasan yang membuat beberapa rang tak sempat sahur.

Namun ada cara yang sehat dan cepat agar Anda dapat tetap sahur meski waktunya mepet. Anda bisa mengonsumsi serealia yang dipadukan dengan susu.

Tak perlu khawatir. Karbohidrat kompleks dan protein yang terkandung dalam kombinasi tersebut setidaknya dapat memberikan energi dan asupan nutrisi yang cukup selama berpuasa.

Jadi, sudah punya menu sahur yang nikmat, bergizi, dan sehat dong untuk bulan Ramadan nanti? Selamat menunaikan ibadah puasa.

(NB/ RH)

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter