Panduan Memilih Menu Sahur Agar Tidak Lemas Saat Puasa

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 29 Mei 2017, 09:00 WIB
Bingung memilih menu sahur yang bisa bikin Anda segar selama puasa? Baca panduan dari kami.
Panduan Memilih Menu Sahur Agar Tidak Lemas Saat Puasa

Klikdokter.com, Jakarta Ramadan adalah bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di dunia. Meski demikian, ada yang khawatir badan lemas ketika beraktivitas. Tenang, kuncinya ada pada pemilihan menu sahur.

Mengapa demikian? Sebab energi untuk bekal puasa seharian benar-benar bergantung pada apa yang Anda konsumsi saat sahur.
Memilih Menu Sahur

Agar sahur Anda benar-benar mendatangkan energi yang optimal dan tahan lama, salah satu makanan yang direkomendasikan adalah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan sereal gandum.

Selain itu, Anda juga anjurkan untuk menambahkan makanan berprotein seperti daging sapi rendah lemak, ayam tanpa kulit, ikan, tempe, tahu, telur, dan susu ke dalam menu sahur.

Akan lebih baik lagi, bila menu-menu di atas Anda sandingkan dengan sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral.
Hindari Makanan Ini

Saat sahur, pastikan Anda tidak mengonsumsi karbohidrat sederhana dari makanan dan minuman manis, seperti kue, teh manis, dan jus. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti daging kambing, nasi goreng, mi goreng, dan makanan bersantan.

Hanya itu saja? Tidak. Hindari pula sayur yang dapat membuat Anda kembung, seperti kol, kubis, dan brokoli.

Sekarang Anda sudah tahu apa saja menu sahur yang harus dikonsumsi agar tubuh tidak lemas saat puasa, bukan? Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya berlebihan, ya!

(NB/ RH)