Menu Sahur Terbaik untuk Penderita Sakit Mag

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 29 Mei 2017, 09:04 WIB
Cegah sakit mag kambuh dengan memilih menu sahur yang tepat.
Menu Sahur Terbaik untuk Penderita Sakit Mag

Klikdokter.com, Jakarta Bulan Ramadan datang lagi. Tibalah waktunya umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa di bulan yang suci ini. Jangan biarkan sakit mag yang Anda derita menghalangi niat baik untuk menjalankan puasa tahun ini.

Untuk mencegah agar sakit mag tidak kambuh, Anda harus lebih cermat memilih menu makanan yang dikonsumsi saat sahur. Apa saja menu sahur yang aman untuk penderita sakit mag?

  1. Karbohidrat

    Pilihlah karbohidrat kompleks yang dicerna lebih lama, sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Beberapa makanan yang bisa Anda pilih sebagai menu sahur adalah nasi merah, roti gandum, atau sereal gandum.

  2. Protein

    Bagi penderita mag, ada beberapa sumber protein yang bisa dijadikan pilihan menu sahur. Misalnya: daging sapi rendah lemak, ayam tanpa kulit, ikan, tahu, tempe, atau telur.

  3. Lemak

    Sumber lemak baik yang bisa dikonsumsi penderita mag saat sahur adalah kacang-kacangan dan alpukat. Sedangkan, sumber lemak jahat yang harus dihindari adalah makanan yang digoreng atau makanan bersantan.

  4. Vitamin dan Mineral

    Sayuran yang berwarna hijau atau merah serta buah-buahan sangat baik dikonsumsi oleh penderita mag saat sahur. Namun, Anda harus menghindari sayuran yang dapat menghasilkan gas, seperti kol, kubis, dan brokoli, karena dapat membuat kembung.

Sebelum menyantap menu sahur yang disarankan, pastikan Anda minum obat mag 15 menit sebelumnya. Di samping itu, Anda pun harus menghindari menu sahur yang mengandung unsur pedas, asam, kafein, dan gula.

Memahami kondisi tubuh dengan baik adalah hal yang tak boleh diabaikan. Dengan demikian, sakit mag bukan lagi penghalang untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

(NB/ RH)

Ajek FunkyfamousAjek Funkyfamous

kalo penderita batu ginjal boleh puasa gak?

Sabam ButarbutarSabam Butarbutar

mantap