Efektifkah Sandal Refleksologi Atasi Keluhan Rematik?

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 29 Mei 2017, 15:50 WIB
Salah satu cara yang sering dijadikan jalan keluar oleh penderita rematik yakni penggunaan sandal refleksologi.
Efektifkah Sandal Refleksologi Atasi Keluhan Rematik?

Klikdokter.com, Jakarta Menjawab kebutuhan penderita rematik, banyak pihak produsen merancang sandal refleksologi khusus. Tujuannya untuk membantu mengurangi nyeri sekaligus memudahkan penderita rematik untuk bisa bergerak bebas.

Faktanya, penggunaan sandal khusus ini terbukti efektif bila menggunakan bahan dan desain yang sesuai dengan yang dianjurkan dalam dunia medis.

Berikut rekomendasi dari Artritis foundation terkait sandal yang baik untuk penderita rematik:

  1. Sandal dan sepatu datar, tidak tinggi. Sepatu yang memiliki hak tinggi akan memberikan beban berlebih pada sendi- sendi di kaki.
  2. Ujung depan lebar, tidak sempit ataupun runcing sehingga tulang- tulang kaki dapat mengikuti bentuk alaminya
  3. Terdapat bagian terbuka sebanyak mungkin sehingga pergesekan dapat diminimalisir
  4. Bila bagian belakang tidak tertutup, bagian ini harus bertali agar jari- jari depan tidak harus mencengkram demi mempertahankan posisi kaki
  5. Perhatikan bila ada bagian kaki yang menonjol. Bagian ini harus bebas dari pergesekan dengan permukaan sepatu untuk menghindari terjadi lepuh dan luka.
  6. Alas dalam sepatu yang bersentuhan dengan dasar kaki berbahan dasar karet. Sifat karet yang lentur memungkinkan benturan tulang teredam saat kaki digerakkan.

Jadi, penggunaan sandal refleksologi yang tidak tepat dapat sangat menyiksa bagi penderita rematik. Tak hanya itu, perubahan gaya hidup akan sangat membantu penderita rematik dalam menjalani rutinitas harian. Bebas bergerak, tubuhpun jadi sehat!

(DA/ MFW)