Tubuh Pegal Saat Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc pada 29 Mei 2017, 11:05 WIB
Tubuh pegal saat bangun tidur memang bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Bagaimana cara mengatasinya?
Tubuh Pegal Saat Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini

Klikdokter.com, Jakarta Anda pernah merasa pegal saat bangun tidur? Dalam dunia kesehatan, salah satu kondisi yang dapat menyebabkan hal tersebut dikenal dengan istilah fibromyalgia. Ini adalah rasa pegal di beberapa bagian tubuh yang timbul dalam jangka panjang.

Bila pegal saat bangun tidur muncul terus-menerus, Anda bisa menerapkan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya.

  1. Melakukan aktivitas fisik secara rutin

    Beberapa aktivitas aerobik seperti berjalan kaki, bersepeda, dan berenang dengan intensitas sedang dianggap bisa meredakan nyeri yang timbul akibat fibromialgia. Selain itu olahraga aerobik bisa meningkatkan ketahanan tubuh, sehingga dapat meningkatkan energi serta produktivitas.

    Resistance training atau latihan beban juga diperlukan karena dipercaya dapat membantu meredakan keluhan nyeri.

  2. Menyediakan waktu untuk relaksasi

    Salah satu kondisi yang dapat menyebabkan pegal saat bangun tidur bisa jadi adalah fibromyalgia. Akan tetapi, stres juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya rasa nyeri.

    Oleh karena itu, aktivitas relaksasi adalah salah satu hal yang disarankan untuk membantu mengurangi stres dan nyeri. Sesaat sebelum tidur, luangkan waktu untuk membaca buku, mendengarkan alunan musik santai, atau kegiatan lain yang membuat nyaman.

  3. Menjaga kualitas tidur

    Agar bisa bangun dengan kondisi yang bugar, Anda harus memiliki kualitas tidur yang baik. Beberapa hal yang dapat dilakukan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, hindari konsumsi kafein, nikotin, atau alkohol sebelum tidur.

    Jangan makan dengan porsi besar pada malam hari. Penting juga untuk mengatur suhu ruangan dan pencahayaan di kamar tidur menjadi lebih kondusif.

  4. Memastikan kandungan omega-3 dalam tubuh cukup

    Konsumsi makanan yang mengandung omega-3 diketahui memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah mengurangi nyeri akibat peradangan. Beberapa jenis makanan yang kaya akan omega-3 adalah ikan, sayuran hijau, serta beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian.

Bila rasa pegal masih muncul saat bangun tidur, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter secara langsung. Hal ini perlu dilakukan supaya dokter bisa menentukan penyebab, apakah fibromyalgia atau hal lain. Dokter akan menentukan penyebabnya melalui wawancara medis serta pemeriksaan fisik.

[BA/ RH]