Ini Makanan Padat Kaya Vitamin untuk si Kecil

Oleh KlikDokter pada 30 Mei 2017, 11:00 WIB
Si Kecil yang sudah memasuki usia enam bulan perlu diberi makanan padat yang bernutrisi. Berikut beberapa panduan untuk Anda.
Ini Makanan Padat Kaya Vitamin untuk si Kecil

Klikdokter.com, Jakarta Saat si Kecil menginjak usia enam bulan, ASI esklusif tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Karena itu, si Kecil memerlukan nutrisi tambahan yang bisa didapatkan dari makanan padat.

Pemberian makanan padat yang tepat akan membantu pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Selain harus memerhatikan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan padat tersebut, cara pemberian makanan padat juga harus dilakukan secara bertahap.

Pada bayi yang dicurigai memiliki riwayat alergi dari orang tua, disarankan pemberian makanan padat yang berpotensi menimbulkan alergi diawali hanya dengan satu jenis makanan untuk beberapa hari. Anjuran ini sesuai dengan hasil studi yang dipublikasikan dalam uwhealth.org.

Hal ini penting agar bila muncul alergi terhadap makanan, orangtua bisa segera mengetahui jenis makanan apa yang menjadi penyebabnya. Sedangkan untuk bayi yang tidak memiliki risiko alergi bisa mulai makan bervariasi sejak awal.

Perhatikan juga tekstur makanan padat yang akan Anda berikan. Teksturnya pun harus diberikan secara bertahap, mulai dari makanan dengan tekstur lembut yang kemudian akan terus ditingkatkan.

Lantas jenis makanan padat apa saja yang dapat diberikan untuk si Kecil di awal pemberian makanan padat? Lalu bagaimana tahapannya? Berikut ini penjelasannya:

  1. Makanan lumatJenis makanan ini diberikan di tahap awal pemberian makanan padat karena mudah dicerna si Kecil. Makanan lumat yang dapat diberikan adalah pure buah dan bubur susu.Contoh makanan lumat yang dapat diberikan adalah kentang rebus, pisang, alpukat, pear yang rebus, apel yang direbus, dan pepaya.
  2. Makanan lunakTahap selanjutnya adalah makanan lunak. Contoh makanan lunak yang bisa Anda berikan adalah nasi tim saring.Saat Anda membuat nasi tim saring, sebaiknya perhatikan variasi makanan yang terdapat di dalam tim saring tersebut. Pastikan di dalamnya terdapat karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Sumber karbohidrat yang dapat diberikan yaitu nasi, jagung, dan kentang. Sedangkan sumber protein mencakup daging, ikan, dan ayam tanpa kulit.

Untuk kebutuhan serat, berikan beragam sayur pada menu nasi tim, karena sayur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan si Kecil. Selain itu, sayur yang berwarna hijau mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan si Kecil.

Contoh sayuran sumber serat adalah brokoli. Brokoli juga mengandung folat dan kalsium yang baik untuk si Kecil.

Demikian jenis makanan yang baik dikonsumsi di awal pemberian makanan padat untuk si Kecil. Makanan padat ini sifatnya hanya pendamping. Jadi, saat pemberian makanan padat, Anda masih tetap harus memberikan ASI untuk si Kecil.

[BA/ RH]