Kiat Dongkrak Energi Saat Kondisi Tubuh sedang Lemah

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc pada 06 Jun 2017, 16:45 WIB
Anda sering merasa tak memiliki energi saat beraktivitas? Coba makanan berikut ini untuk meningkatkan energi Anda.
Kiat Dongkrak Energi Saat Kondisi Tubuh sedang Lemah

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap orang pernah merasa lemah atau merasa tak memiliki energi. Namun, bila hal ini terlalu sering, tentu aktivitas sehari-hari pun menjadi terganggu. Salah satu cara untuk mencegahnya yakni mengonsumsi makanan atau suplemen yang kaya akan zat-zat tertentu.

Berikut ini beberapa contoh zat yang dapat membantu meningkatkan energi:

  1. Ginseng

    Konsumsi ginseng diketahui memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah meningkatkan mood dan energi. Selain itu, konsumsi ginseng juga diketahui dapat meredakan stres dan gelisah serta meredakan rasa lelah yang berkepanjangan.

  2. Vitamin B12

    Vitamin B12 juga diketahui dapat meningkatkan kadar energi. Vitamin ini umumnya didapatkan dari makanan hewani, seperti daging, telur, seafood, atau produk susu.

    Bagi mereka yang tidak mengonsumsi daging, asupan vitamin B12 dapat tergantikan dengan mengonsumsi multivitamin atau suplemen.

  3. Kafein

    Sebagai salah satu komponen dalam kopi dan teh, kafein sudah umum diketahui sebagai pendongkrak energi. Namun, produk yang mengandung kafein sebaiknya dikonsumsi sesuai rekomendasi asupan harian.

    Hindari mengonsumsi secara berlebihan, agar tidak mengganggu pola tidur dan menyebabkan gejala lainnya.

  4. Yodium

    Yodium merupakan salah satu mineral esensial yang dibutuhkan untuk menunjang fungsi dari kelenjar tiroid. Selain membantu meningkatkan energi, yodium juga dikenal dapat menunjang daya pikir. Beberapa sumber alami dari yodium adalah garam dan seafood.

  5. Kordisepin

    Kordisepin kaya akan antioksidan. Ini adalah zat yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat ekspos terhadap radikan bebas yang didapat dari polusi udara, asap rokok, dan berbagai hal lainnya.

    Selain itu, kordisepin juga dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kadar energi pada jaringan tubuh.

  6. Adenosin.

    Adenosin merupakan salah satu jenis asam amino, yang merupakan bahan penyusun dari protein. Adenosin merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh karena perannya dalam pembentukan adenosin trifosfat (ATP).

Mengonsumsi sumber makanan yang baik untuk meningkatkan energi diharapkan dapat membantu mengatasi rasa lemah yang sering mengganggu. Namun, Anda perlu mengetahui batas asupan yang telah dianjurkan. Jadi Anda bisa beraktivitas dengan lancar dan bersemangat.

(DA/ RH)