Jamur, Makanan Kerajaan Peningkat Stamina

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc pada 06 Jun 2017, 17:48 WIB
Jamur merupakan jenis makanan yang dipercaya dapat membantu meningkatkan stamina Anda.
Jamur, Makanan Kerajaan Peningkat Stamina

Klikdokter.com, Jakarta Di sela-sela padatnya jadwal sehari-hari, sangat penting untuk tetap menjaga energi agar tidak mudah merasa lelah. Untuk itu, Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan beberapa jenis makanan yang dipercaya sebagai peningkat stamina. Salah satunya adalah jamur.

Sebenarnya, manfaat jamur bukanlah berita baru. Konon, bertahun-tahun yang lalu para anggota kerajaan Tibet telah mengonsumsi dan memanfaatkan kebaikan makanan yang satu ini.

Kini, di era yang jauh sudah lebih maju, para peneliti telah berhasil ‘mengupas’ kebaikan jamur lebih jauh. Dari berbagai studi, diketahui bahwa jamur mengandung dua komponen, yakni kordisepin dan adenosin.

Kordisepin merupakan salah satu polisakarida, yang memiliki beberapa fungsi. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan konsumsi oksigen pada sistem sirkulasi tubuh, meningkatkan energi tubuh, menunjang fungsi sistem daya tahan tubuh, serta sebagai antioksidan.

Sedangkan adenosin merupakan salah satu asam amino esensial yang terdapat pada tubuh, yang merupakan sumber dari adenosin trifosfat (ATP), sumber energi pada tubuh.

Ada beberapa komponen yang dapat memengaruhi kebugaran fisik. Misalnya kekuatan otot, ketahanan otot, ketahanan sistem jantung dan pernapasan, fleksibilitas, serta komposisi tubuh.

Kontraksi dari otot tubuh membutuhkan ATP, dan sistem sirkulasi tubuh berfungsi dalam membawa oksigen melalui darah dan menghantarkannya ke seluruh jaringan tubuh, termasuk otot, untuk diubah menjadi ATP.

Semakin berat aktivitas fisik yang dilakukan, semakin banyak pula kandungan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan ini, kebutuhan ATP juga menjadi meningkat. Adenosin dan kordisepin merupakan komponen pembentuk ATP.

Dengan meningkatnya jumlah ATP dalam tubuh, hal ini dapat menjaga ketahanan tubuh dan mencegah tubuh menjadi cepat lelah. Kedua komponen tersebut dinilai dapat menjaga kesehatan tubuh serta meningkatkan stamina.

Saat ini, terdapat beberapa uji klinis yang mencoba meneliti manfaat konsumsi jamur spesies Cordyceps militaris untuk tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dari jamur tersebut dapat meningkatkan stamina bagi tubuh.

Sesungguhnya masih diperlukan penelitian lainnya untuk mengetahui manfaat lain yang bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan kerajaan ini. Namun, tak ada salahnya memanfaatkan kenikmatan jamur sebagai peningkat stamina.

(DA/ RH)