Benarkah Wasir Sebabkan Kanker?

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc pada 06 Jun 2017, 19:52 WIB
Keluhan nyeri atau buang air besar yang disertai darah akibat wasir menimbulkan kekhawatiran lain. Adakah kaitan antara wasir dan kanker?
Benarkah Wasir Sebabkan Kanker?

Klikdokter.com, Jakarta Wasir (hemoroid) merupakan kondisi di mana terjadi pelebaran pembuluh darah pada anus dan sekitarnya. Hal ini terjadi akibat terdapatnya peningkatan tekanan pada daerah tersebut.

Beberapa faktor yang diduga dapat menyebabkan peningkatan tekanan tersebut adalah kondisi berat badan berlebih, mengejan pada saat buang air besar, serta kehamilan.

Hemoroid dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yakni internal dan eksternal.

Gejala yang timbul akibat hemoroid eksternal dapat berupa rasa nyeri atau gatal saat buang air besar, terutama bila kulit di sekitar anus. Di sisi lain, hemoroid internal terkadang tidak disertai nyeri, namun dapat menimbulkan perdarahan pada saat buang air besar.

Terkadang, beberapa gejala ditemukan pada hemoroid dan kanker usus besar atau kanker anus dapat serupa, yang dapat meningkatkan rasa kekhawatiran. Seperti perdarahan saat buang air besar.

Walaupun terdapat kemiripan dari beberapa gejala pada kedua kondisi tersebut, tidak terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa hemoroid dapat menyebabkan terjadinya kanker.

Untuk membedakan wasir dan kanker usus besar atau anus, Anda harus melakukan pemeriksaan diri ke dokter. Pemeriksaan diperlukan agar dokter dapat melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisis, serta pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan.

Pada gejala hemoroid eksternal, umumnya tampak benjolan pada pemeriksaan fisis. Selain itu juga dapat dilakukan pemeriksaan anoskopi dengan pencahayaan untuk memeriksa daerah sekitar anus.

Pada kondisi di mana ditemukan perdarahan rektal, dokter dapat menyarankan pemeriksaan kolonoskopi untuk mengevaluasi daerah rektum dan usus besar dan menentukan penyebab dari keluhan yang timbul.

Dalam mengatasi wasir, makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan. Asupan buah dan sayuran yang kaya akan serat dapat membantu mengurangi keluhan wasir.

Selain itu, konsumsi beberapa jenis makanan, sebagai contoh, sophorae fructus, juga dapat memperlancar aliran darah dan mengurangi bengkak. Hindari asupan makanan yang pedas, karena dapat memicu timbulnya keluhan wasir.

Bila Anda merasa mengalami keluhan buang air besar disertai nyeri atau perdarahan yang tidak kunjung mereda, segera berkonsultasi pada dokter. Hal ini ditujukan agar diagnosis dapat ditentukan dengan baik dan Anda mendapatkan penanganan yang optimal.

(DA/ RH)