Kiat Aman dan Nyaman Mudik Bersama si Kecil

Oleh dr. Grace Valentine pada 16 Jun 2017, 16:34 WIB
Mudik bersama si Kecil tentu membutuhkan persiapan khusus. Apa saja persiapan tersebut?
Kiat Aman dan Nyaman Mudik Bersama si Kecil

Klikdokter.com, Jakarta Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, terutama menjelang hari raya. Lebaran tahun ini, Anda mungkin berencana melakukannya bersama si Kecil. Mudik bersama si Kecil tentu membutuhkan persiapan khusus.

Nah, berikut ini beberapa kiat mudik bersama si Kecil supaya berjalan nyaman dan aman:

  1. Anda perlu memastikan kondisi fisik si Kecil dalam keadaan prima. Begitu juga dengan Anda. Karena itu, Anda dan si Kecil perlu melakukan pemeriksaan ke dokter sebelum mudik.
  2. Pilihlah moda transportasi yang nyaman dan aman. Bila ingin mudik menggunakan mobil, Anda perlu waspada pada rasa lelah dan pusing yang sering muncul dalam perjalanan. Berhenti dan beristirahatlah secara berkala.
  3. Anda juga perlu menjaga asupan makanan untuk diri sendiri dan si Kecil. Sediakan makanan sebagai bekal selama perjalanan. Jauhi makanan yang tidak higienis untuk menghindari diare atau penyakit lain. Jangan lupa, cukupkan kebutuhan minum Anda dan si Kecil.
  4. Pilihlah pakaian dan alas kaki yang nyaman selama perjalanan.

Selain itu, Anda perlu menyiapkan perlengkapan untuk si Kecil selama perjalanan. Moda transportasi yang dipilih tentu akan memengaruhi daftar perlengkapan. Nah, berikut ini adalah daftar bawaan wajib saat mudik bersama si Kecil:

  • Popok. Anda perlu membawa ekstra popok sebagai persediaan bila terjadi hal darurat di perjalanan.
  • Lap. Sebaiknya bawa beberapa lap yang biasa digunakan untuk membasuh tubuh si Kecil.
  • Alas plastik. Ini diperlukan saat Anda sedang menyeka atau mengganti popok si Kecil.
  • Benda kesukaan. Agar tidak bosan, Anda bisa membawa beberapa mainan. Selain itu, membawa benda kesukaannya, seperti selimut kesayangannya, akan membuat si Kecil merasa lebih nyaman.
  • Tas plastik. Bawa beberapa ukuran tas plastik berbeda yang bisa digunakan untuk menyimpan pakaian kotor, popok kotor, hingga sepatu si Kecil.
  • Perlengkapan makan. Anda perlu mempersiapkan perlengkapan makan si Kecil seperti botol minum, tempat makan, peralatan makan plastik, kursi makan yang dapat dibawa dan dipindah. Selain itu, bawa cairan pembersih tangan, tisu basah, dan tisu kering.
  • Car seat. Ini perlu supaya perjalanan menggunakan mobil menjadi lebih nyaman. Anda juga perlu membawa stroller agar tidak terlalu lelah karena menggendong si Kecil terus-menerus.
  • Perlengkapan lain. Benda lain yang tak kalah penting dan perlu dibawa adalah pakaian, kaos kaki, sepatu, perlengkapan mandi, topi, tabir surya, obat untuk si kecil.

Nah, demikian tadi kiat aman dan nyaman mudik bersama si Kecil. Selain itu, pastikan untuk membawa semua perlengkapan, ya, supaya mudik berjalan dengan lancar.

[BA/ RH]