Meski Mudik, si Kecil Harus Tetap Makan Tepat Waktu

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 19 Jun 2017, 10:55 WIB
Padatnya agenda saat mudik tidak harus merusak jam makan si Kecil.
Meski Mudik, si Kecil Harus Tetap Makan Tepat Waktu

Klikdokter.com, Jakarta Padatnya agenda silaturahmi saat mudik tak jarang membuat jadwal makan si Kecil terganggu. Sebenarnya, itu tak perlu terjadi asalkan Bunda tahu cara jitu menyiasatinya.

Agar agenda makan si Kecil tak berantakan, simak empat kiat berikut ini:

  1. Biasakan membuat jadwal makan si Kecil Daftar kegiatan harian saat mudik bisa saja berubah-ubah, tetapi sebaiknya tidak dengan jam makan si Kecil.Agar selera makannya tetap terjaga, biasakan konsisten dalam menetapkan jadwal makan. Bila diperlukan, geser agenda lain untuk ‘menyelamatkan’ waktu makan si Kecil.
  2. Pilih hidangan sehat Tak jarang, tantangan muncul saat si Kecil disodorkan berbagai hidangan di luar jam makannya. Penolakan bisa saja dianggap suatu yang tidak sopan. Salah satu solusinya adalah dengan pemilihan menu makanan.Pilih camilan ringan yang sehat seperti potongan buah, yang sekaligus dapat berfungsi sebagai pengganti camilan ringan di sela jam makannya.
  3. Pisahkan si Kecil saat jam makannya tibaBerkumpul dengan keluarga, memperkenalkan si Kecil dengan saudara- saudara sebayanya memang menyenangkan. Akan tetapi, hal tersebut sering kali membuatnya terlalu asyik bermain dan melalaikan jam makannya.Karena itu, mendekati jam makannya, biasakan mempersiapkan si Kecil beberapa saat sebelum jam makannya tiba. Misalnya, dengan mengajaknya menyiapkan bekal makan. Setelah itu, pisahkan si Kecil dari kerumunan kecilnya dan dudukkan di meja makan.Untuk si Kecil yang lebih kecil, Bunda dapat membawa kursi makan lipat yang siap digunakan kapan saja. Cara ini tidak hanya efektif dalam menjaga ketepatan waktu makan, tetapi membuatnya fokus dan tidak terganggu saat makan.
  4. Perhatikan jam tidurnya Apa hubungannya? Sangat berhubungan. Ketika jam tidurnya terlewati, kebanyakan si Kecil akan cenderung rewel, sulit dikontrol, dan bukan tidak mungkin menolak makanannya.Untuk mencegah si Kecil tak mau makan karena mengantuk, biasakan menidurkan si Kecil saat jam istirahatnya tiba. Durasi tidurnya tidak harus selama biasanya. Asalkan kualitasnya terjaga, waktu tidur yang singkat akan sangat berguna mengembalikan mood dan energinya.

Kuncinya adalah konsisten dalam pengaturan jadwal makan. Dengan demikian, Bunda tetap dapat menikmati kumpul keluarga tanpa harus banyak berjuang mengajak makan si Kecil.

Ingat, menghadapi lingkungan baru saat mudik sendiri berpotensi menurunkan nafsu makan si Kecil. Jangan menambah kepusingan Bunda dengan merusak jadwal makannya. Patuhi jadwal makan tetap pada waktunya, dan Bunda pun bebas bersilaturahmi bersama sanak saudara.

[RS/ RH]