Menu Lebaran yang Enak dan Bergizi untuk Si Kecil

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 19 Jun 2017, 10:59 WIB
Sajikan menu Lebaran ini untuk Si Kecil saat menyambut hari yang fitri.
Menu Lebaran yang Enak dan Bergizi untuk Si Kecil

Klikdokter.com, Jakarta Ketika mendengar menu Lebaran, apa yang terbayang dalam benak Bunda? Bisa jadi jawabannya adalah ketupat opor, rendang, dan sambal goreng kentang. Sayangnya, tak semuanya baik sebagai makanan Si Kecil.

Untuk menyiasatinya, Bunda dapat membuat jenis makanan lain yang lebih sehat. Meski sehat, tak berarti Bunda harus kehilangan nuansa Lebaran yang penuh kegembiraan.

Berikut adalah alternatif menu untuk Si Kecil yang penuh gizi dan tetap menggambarkan suasana Lebaran.

BUBUR KALDU CAH DAGING KACANG POLONG (Untuk 1 porsi)

BAHAN:

  • 4 sendok bubur bayi instan cah daging kacang polong
  • 100 mL air atau kaldu daging
  • 25 mL santan kental
  • 25 g pisang ambon, haluskan

CARA MEMBUAT:

Tuangkan air panas (75 derajat). Masukkan bubur bayi instan sesuai takaran (4 sendok makan) sekaligus campuran air kaldu dan santan sebanyak 125 mL. Lalu, campurkan pisang yang telah dihaluskan. Aduklah sampai bubur menjadi lembut dan siap untuk dihidangkan.

Tak hanya gurih, bubur kaldu ini juga kaya manfaat. Kandungan zat besi dalam daging dapat menjauhkan Si Kecil dari risiko anemia. Tahukah Bunda, anemia pada Si Kecil dapat memengaruhi tumbuh kembangnya pada kemudian hari?

Selain itu, protein dan vitamin K dalam kacang polong sangat baik untuk menyokong pertumbuhan tulang Si Kecil. Penambahan pisang sebagai sumber kalium akan semakin melengkapi kebutuhan nutrisinya.

Sajian bernutrisi lengkap ini dapat Bunda andalkan sebagai menu Lebaran untuk Si Kecil. Lezat, bergizi, dan kaya manfaat dalam menyambut hari yang fitri. Selamat mencoba!

[RS/ RH]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter